Sebanyak 79 calon anggota komisi pemilihan umum (KPU) Kota Serang dan Kabupaten Serang 2023-2028 menjalani psikotes di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten (UIN SMH Banten), Selasa.
 
Kepala Lembaga Pemeliharaan Psikologi (Kalaharpsi) TNI Angkatan Darat, Letkol Infantri Agung Sigit Haribawan mengatakan, jumlah total peserta seharusnya 84 orang, namun lima diantaranya tidak hadir.

"Peserta dari Kota Serang ada 48 orang, lima orang enggak hadir, dengan alasan satu orang telat datang dan dua orang lainnya tanpa keterangan. Jumlah Kabupaten Serang 36 orang," katanya.
 
Ia mengatakan, untuk psikotes diantaranya kecerdasan dan kepribadian sesuai dengan karakterisitik yang nantinya dikerjakan.
 
"Kepribadian sikap kerja, relasi sosial ketahanan terhadap tekanan, pengendalian emosi, yang dilihat dari hasil tesnya. Tes ini membutuhkan konsentrasi dan potensi dari sisi kecerdasan dan kepribadiannya," katanya. 

Baca juga: 167 calon anggota KPU tiga daerah di Banten lolos administrasi
 
Sementara itu, Anggota tim seleksi (Timsel) calon KPU di Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Tangerang, Yhannu Setiawan mengatakan, tes psikologi yang dilaksanakan ini bekerjasama dengan TNI pusat pisikologi Angkatan Darat. 
 
"Ini diselenggarakan secara sebaik-baiknya dan objektivitas. Juga dilakukan oleh lembaga profesional yang biasa melakukan tes psikologi untuk berbagai kebutuhan tidak hanya di TNI tetapi juga umum," katanya. 
 
Ia mengatakan, proses tes psikotes dilakukan selama dua hari yakni tanggal 26-27 September 2023 dibagi menjadi dua sesi di hari pertama Kota Serang dan sebagian Kabupaten Serang sedangkan di hari kedua Kota Tangerang dan Kabupaten Serang. 
 
"Ini nantinya disaring menjadi 20 besar dan tahap selanjutnya tes kesehatan dan wawancara, hasilnya berakhir di 10 besar," katanya.

Baca juga: Partai bisa lakukan pergantian caleg saat pencermatan DCT
Baca juga: KPU Banten ingatkan peserta pemilu hindari kampanye hitam di medsos

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023