Pemerintah Kota Tangerang, Banten menggratiskan pemeriksaan triple eliminasi yakni upaya preventif mencegah penularan penyakit HIV, hepatitis B dan syphilis di seluruh puskesmas dapat dilakukan secara gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Dini Anggraeni di Tangerang, Senin, mengatakan penularan penyakit HIV, Hepatitis B dan juga syphilis dapat terjadi melalui maternal atau kehamilan.

Para ibu hamil harus memeriksakan kesehatannya sebagai upaya pencegahan penularan penyakit tersebut. Apalagi pemeriksaan hanya dilakukan selama satu kali pada masa kehamilan.

"Pemeriksaan ini gratis agar memudahkan masyarakat dan juga tenaga kesehatan melakukan pencegahan penularan penyakit tersebut. Silahkan datangi puskesmas terdekat yang ada di wilayah Kota Tangerang, dan daftarkan di poli KIA," kata dr Dini dalam keterangannya.

Baca juga: Dinkes Serang perkuat pencegahan dan pengendalian penyakit

Ia berharap, masyarakat dapat memanfaatkan program pemeriksaan triple eliminasi gratis ini. Jika para ibu hamil belum mendaftarkan BPJS Kesehatan maka dapat segera mendaftarkan fasilitas kesehatan tingkat satu di wilayah puskesmas di Kota Tangerang terdekat dari tempat tinggal.

"Silakan pilih fasilitas kesehatan yang terdekat dan melakukan pemeriksaan untuk kesehatan. Karena ini upaya mencegah bagi anak yang lahir nantinya," kata dia.

Ia juga telah mensosialisasikan program ini kepada kader agar bisa menyampaikan kepada masyarakat khususnya ibu hamil agar berbagai penyakit dapat dicegah.

"Banyak program untuk ibu hamil yang dapat diikuti di puskesmas. Silakan datang dan bertanya, karena kesehatan adalah yang utama," ujarnya.

Baca juga: Dinkes Kota Tangerang sosialisasikan Satria Santri ke lima ponpes
Baca juga: Dinkes Tangerang buka pendaftaran pelatihan keamanan pangan bersertifikat

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023