Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dijadwalkan mengunjungi masyarakat Badui untuk menyerahkan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten.
 
"Benar. Kunjungan Menkes itu untuk menyerahkan program JKN-KIS bagi masyarakat Badui Dalam dan Badui Luar," kata Kepala Pusat Pembiayaan dan Desentralisasi Kesehatan dr Yuli Farianti dalam keterangan tertulisnya, Minggu.
 
Penyerahan program JKN-KIS langsung kepada masyarakat Badui itu rencananya dipusatkan di Binong Desa Kanekes Kabupaten Lebak, Selasa (26/9).
 
Masyarakat Badui diusulkan untuk mendapatkan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan program JKN-KIS secara bertahap. Namun, pemerintah sangat berkomitmen untuk membantu masyarakat Badui agar menjadi peserta JKN-KIS.
 
"Dengan menerima JKN-KIS itu nantinya mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis baik di puskesmas maupun rumah sakit rujukan," katanya menjelaskan.

Baca juga: Kemarau berkepanjangan, petani Badui tunda tanam padi huma
 
Ketua Koordinator Sahabat Relawan Indonesia (SRI) Muhammad Arif Kirdiat mengatakan pihaknya menyambut positif adanya penyerahan program JKN-KIS untuk masyarakat Badui dari Kementerian Kesehatan.
 
Selama ini, kendala masyarakat Badui jika dirujuk ke RSUD Adjidarmo tidak memiliki BPJS Kesehatan, bahkan mereka juga tanpa memiliki identitas kependudukan.
 
Karena itu, dirinya terpaksa membawa ke RSUD Banten hanya dilengkapi dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan desa diketahui kecamatan.
 
"Kami merasa senang dan bersyukur masyarakat Badui secara bertahap mendapatkan peserta JKN-KIS dari Kemenkes , sehingga gratis jika dirujuk di rumah sakit," kata Muhammad Arif.
 
Sementara itu, Santa (55) warga Badui mengaku bahwa dirinya merasa lega dengan rencana masyarakat Badui mendapatkan program JKN-KIS dari Kemenkes tersebut.
 
"Kami sekarang cukup tenang bila sakit bisa mendapatkan perawatan rumah sakit maupun puskesmas secara gratis," kata Santa.
 
Baca juga: Disbudpar optimistis budaya Badui dipadati wisman saat Piala Dunia
Baca juga: Belasan warga Badui digigit ular berbisa dan seorang dilaporkan meninggal
 
 
 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023