Perpustakaan Belendung di Kampung Masyarakat Cinta Lingkungan (Mancing) Kecamatan Benda Kota Tangerang Banten berhasil menjadi pemenang lomba menulis cerita dampak dari Perpustakaan Nasional.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang yakni Engkos Zarkaysi di Tangerang Sabtu mengatakan penghargaan ini diraih setelah bersaing dengan ratusan cerita dampak dari Kabupaten/Kota lainnya pada ajang Peer Learning Meeting (PLM) Nasional 2023. Penghargaan diberikan pada acara yang dilaksanakan di Yogyakarta pada hari Jumat (22/9) lalu.

"Ini merupakan bukti konkrit keberhasilan Pemkot Tangerang dalam mensukseskan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial," kata Engkos dalam keterangannya.

Ia menambahkan, raihan penghargaan ini merupakan dari hasil proses panjang yang selama ini dilakukan DPAD Kota Tangerang bersama pihak-pihak terkait, khususnya masyarakat secara langsung untuk menghidupkan perpustakaan dan mendorong kemajuan literasi.

Baca juga: Dinas Perpustakaan rangkul penyandang disabilitas via program inklusi

Adapun indikator utama kesuksesan ini yakni keberhasilan memberikan representasi transformasi perpustakaan berbasis inklusivitas sosial melalui Perpustakaan Belendung.

DPAD Kota Tangerang mengangkat peran Perpustakaan Belendung sebagai sentral kegiatan swadaya masyarakat sekitar. Bahkan, Perpustakaan Belendung sangat berperan dalam mendorong kemajuan literasi, transformasi inklusifitas sosial, bahkan turun mengembangkan agrowisata di daerah setempat.

“Penghargaan ini tidak lepas dari narasi yang kita angkat bersama dalam cerita dampak yang telah dibuat, yakni cerita mengenai Perpustakaan Belendung serta keberhasilannya mendorong perubahan yang siginifikan di masyarakat. Seperti, kesadaran literasi, lokasi sentral kegiatan swadaya masyarakat, sampai kebangkitan ekonomi masyarakat setempat," katanya.

Selain itu, DPAD Kota Tangerang berharap penghargaan yang baru saja diraih ini dapat memotivasi para pegiat literasi dalam mendorong kemajuan literasi di Kota Tangerang.

Baca juga: Aplikasi iTangerangKota miliki fitur interkonektivitas antar pengguna

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023