Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang Banten akan mengadakan kegiatan yang merangkul penyandang disabilitas melalui program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

"Kami tidak akan berhenti di sini untuk menumbuhkan minat literasi pada masyarakat, khususnya anak-anak generasi bangsa dengan replikasi mandiri di kelurahan lain supaya masyarakat luas bisa menikmati program TPBIS seperti pelatihan, penguatan literasi,” kata Kepala DPAD Kota Tangerang Engkos Zarkasyi dalam keterangan di Tangerang, Kamis.

Engkos mengatakan DPAD Kota Tangerang meraih penghargaan sebagai inovasi promosi pelayanan perpustakaan terbaik 2023 dari Perpustakaan Nasional berdasarkan pelayanan serta kegiatan yang dilakukan TPBIS.

Program ini mengubah paradigma masyarakat bahwa perpustakaan bisa menjadi tempat berkumpul komunitas untuk melakukan berbagai kegiatan positif.

Baca juga: Disdukcapil Kota Tangerang sudah cetak 581.118 kartu identitas anak

“Seperti yang kemarin kami juga lakukan dengan membuat kegiatan yang bermanfaat bersama ibu-ibu rumah tangga untuk membuat kreasi buket bunga dan uang. Hal itulah yang diharapkan terus berjalan di setiap perpustakaan daerah,” kata Engkos.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum/Khusus Perpusnas RI Nani Suryani pada kegiatan Peer, Learning Meeting (PLM) Nasional di Yogyakarta, Rabu (20/9).

Engkos menambahkan penghargaan dari Perpusnas salah satu wujud nyata dalam memberikan pelayanan perpustakaan untuk masyarakat.

"Diharapkan, dengan inovasi ini dapat menumbuhkan kembali literasi khususnya anak-anak hingga remaja," ujarnya.

Baca juga: Perajin difabel di Lebak kewalahan layani permintaan kerajinan bambu
Baca juga: Pemerintah komitmen wujudkan Indonesia inklusi pada 2030

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023