Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang mengungkapkan, aplikasi iTangerangKota tak hanya menyediakan katalog buku digital tetapi adanya fitur interkonektivitas antar pengguna.

"Jadi, di Aplikasi iTangerangKota ada fitur media sosial yang saling terhubung dan bisa berinteraksi dengan sesama pengguna, seperti merekomendasikan buku, menyampaikan ulasan sehingga mendapatkan teman baru di bidang literasi," kata Kepala DPAD Kota Tangerang, Engkos Zarkasyi dalam keterangannya di Tangerang, Banten, Minggu.

Engkos menuturkan, hingga kini aplikasi iTangerangKota telah diakses 1.751 pengguna. Aplikasi iTangerangKota telah banyak diakses oleh berbagai kalangan yang gemar di bidang literasi.

DPAD pun mencatat, jumlah peminjaman buku melalui aplikasi yakni tahun 2018 melayani peminjaman buku sebanyak 177 kali, 2019 sebanyak 769 kali, 2020 sebanyak 365 kali, 2021 sebanyak 153 kali, 2022 sebanyak 149 kali, dan 2023 ini baru 115 kali.

Baca juga: aplikasi "ITangerang Kota" bantu siswa belajar di rumah

"Kita terus melakukan sosialisasi agar pengguna aplikasi ini bertambah dan mendorong minat baca masyarakat juga semakin tinggi," ujarnya.

Selain itu, DPAD Kota Tangerang juga terus berusaha melengkapi fitur-fitur pelayanan menarik untuk meningkatkan keunggulan aksesibilitas yang dimiliki aplikasi iTangerangKota.

Sementara itu saat ini beberapa fitur yang tersedia di aplikasi iTangerangkota yakni fitur koleksi buku yang menyediakan ribuan katalog dan bisa dipinjam secara mudah.

Lalu fitur e-pustaka terkait database keanggotaan pengguna, fitur feed untuk melihat semua aktivitas pengguna, semisal informasi buku terbaru, buku yang dipinjam pengguna lain. Fitur rak buku yang mendata jejak riwayat aktivitas peminjaman buku pengguna serta e-reader yang mampu memudahkan pengguna membawa buku digital dengan tampilan yang nyaman.

DPAD Kota Tangerang juga berharap, aplikasi iTangerangKota dapat diakses lebih masif lagi oleh seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan optimalisasi indeks literasi digital di Kota Tangerang.

Saat ini, aplikasi iTangerangKota dapat diakses melalui smartphone berbasis Android atau melalui portal berikut, https://itangerangkota.moco.co.id/

Baca juga: Tekan polusi, Pemkot Tangerang gelar uji emisi di tiga lokasi jalan
Baca juga: Wali Kota Tangerang ajak FKTS jadikan PHBS budaya di masyarakat

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023