Serang (Antara News) - Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten ikut menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 dengan menggelar kegiatan donor darah yang diikuti 160 pendonor, sebagian besar para karyawan Perbankan.

"Sebenarnya kegiatan ini rutin kami laksanakan setiap tahunnya, namun untuk tahun ini karena bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional, kami juga mengajak para wartawan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten Budiharto Setyawan di Serang, Rabu.

Budiharto yang juga ikut menyumbangkan darahnya menyebutkan kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakannya karena selain bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah dengan segera, juga dapat menyehatkan badan bagi si pendonor.

Jumlah peserta donor darah tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 120 orang, yang menunjukkan bahwa sudah banyak karyawan perbankan yang memiliki kesadaran untuk menyumbangkan darahnya, ditambah pula beberapa wartawan Banten yang ikut menyumbangkan darahnya, kata Budiharo.

Kegiatan donor darah yang terjalin berkat kerja sama dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) itu melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten dan Kota Serang.

Menyinggung tentang kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang dilaksanakan pada 15 Februari  lalu, Budiharto mengatakan kondisi perekonomian di Banten berjalan dengan kondusif meski terjadi peningkatan jumlah penarikan uang di bank-bank.

"Pergerakan ekonomi di Banten berjalan stabil, meski ada peningkatan jumlah uang beredar, namun terjadi pada satu atau dua bulan sebelum Pilkada," kata Budiharto.

Ia berharap sampai penetapan gubernur dan wakil gubernur Banten terpilih, kondisi perekonomian di Banten tetap stabil dan situasi keamanan tetap kondusif.

Ditanya tentang perkembangan inflasi sejak dua bulan terakhir sampai pencoblosan Pilkada, ia mengatakan, ada kenaikan khususnya terhadap barang-barang dan jasa seperti kenaikan pajak kendaraan, listrik dan bahan bakar minyak. 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017