Puskesmas Paninggilan di Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Banten mengadakan pap smear gratis pada hari Sabtu (23/9) yang memiliki manfaat deteksi dini kanker serviks.

Kepala Puskesmas Paninggilan, dokter Lusi Anika di Tangerang, Kamis mengatakan, pasien diharapkan melakukan pendaftaran melalui link bit.ly/daftarpapsmeargratis.

Bagi wanita diatas usia 17 tahun, diimbau melakukan pemeriksaan pap smear tiga tahun sekali. Sedangkan untuk usia 30-65 tahun bisa melakukan pemeriksaan lima tahun sekali.

“Diharapkan seluruh wanita di Kota Tangerang bisa lebih peduli terhadap kesehatannya, terutama tidak segan melakukan pemeriksaan dini, untuk pencegahan sedini mungkin,” katanya.

Baca juga: Mandaya Hospital Tangerang hadirkan layanan bedah kanker payudara

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni menuturkan knker leher rahim merupakan salah satu dari dua jenis kanker yang paling banyak dialami masyarakat Indonesia, khususnya wanita. Banyaknya kasus yang terlambat terdeteksi sejak dini, menjadi salah satu penyebab angka kematian yang tinggi.

Dinas Kesehatan telah menyediakan layanan di 39 Puskesmas untuk deteksi dan pengobatan kanker rahim yang lebih dini.

"Masyarakat dapat mendeteksi kanker serviks melalui IVA Test yang bisa dilakukan di 39 Puskesmas di Kota Tangerang, atau pemeriksaan Pap Smear yang bisa didapatkan di Laboratorium dan Rumah Sakit rujukan se-Kota Tangerang,” ujarnya.

Masyarakat dapat melakukan pemeriksaan pap smear atau IVA test dengan hanya membawa foto copy KTP atau BPJS. Dengan ketentuan yakni wanita yang sudah menikah, usia diatas 17 tahun, tidak dalam kondisi hamil, tidak sedang menstruasi, belum menopose dan tidak berhubungan seksual 2x24 jam sebelum waktu pemeriksaan.

“Untuk mendapatkan pelayanan, pasien pengguna BPJS Kesehatan bisa daftar dan cek jadwalnya di masing-masing puskesmas yang terdaftar,” katanya.

Baca juga: Awas, penyakit kanker kini juga serang orang-orang berusia muda
Baca juga: Siloam kampanye "semangat lawan kanker" sediakan skrining gratis

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023