Jakarta (Antara News) - Memasuki musim libur Lebaran dan Tahun Baru, masyarakat yang berlibur saat natal dan tahun baru diminta untuk meningkatkan kewaspadaannya terutama saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Seperti dialami rumah warga di Jalan Pulau Damar II, Perumahan Taman Permata Buana, Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat yang dibobol pencuri saat penghuninya tengah berlibur serta meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, perlunya pemilik rumah yang akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk berkoordinasi dengna petugas keamanana lokal agar dapat ikut membantu mengamankan rumah.

"Keamanan lokal itu diantaranya dengan memberdayakan satpam atau siskamling di kampung-kampung," kata Argo di Jakarta, Minggu.

Argo mengimbau bagi warga yang berpergian agar setidaknya lebih dulu melapor kepada petugas keamanan yang berada di lingkungannya. Sehingga, rumah tersebut akan mendapatkan perhatian lebih.

Seperti diceritakan Adhit pemilik rumah di Jalan Pulau Samar II yang menjadi korban pencurian. Kejadiannya saat dirinya beserta keluarga sedang diluar kota untuk berlibur sebelum natal.

Namun pada hari Kamis malam, saat sedang boarding, tiba-tiba mendapat WA dari tetangga rumah yang mengabarkan, pagar depan rumah dalam keadan terbuk terbuka.

Kemudian, kata Adhit, dirinya minta kepada anaknya untuk menghubungi temannya meminta tolong agar mencek kondisi rumah. Ternyata benar. Pintu depan rumah juga telah dirusak," ujar Adhit.

Dari pemeriksaan, diketahui maling itu telah merusak gembok pagar rumah, kemudian merusak pintu masuk depan rumah, dan kemudian memasuki setiap kamar dalam rumah, dan mengobrak-abrik lemari, meja, dan berbagai peralatan lain.

Pencuri mengambil beberapa barang berharga ringan yang gampang dibawa dan dijual seperti laptop, ipad, perhiasan, jam tangan, handphone dengan jumlah kerugian lumayan, kata Adhit.

Diperkirakan pencuri itu beraksi antara tanggal 29 Desember ketika keluarga ini tengah liburan natal dan akhir tahun. "Mungkin kejadiannya siang hari, karena kalau malam penjagaan disini relatif ketat," katanya.

Adhit meduga para pencuri ini memang spesialis rumah kosong atau rumah yang sengaja ditinggal penghuninya seperti musim libur seperti sekarang ini.

Terhadap kejadian ini, Adhit telah melaporkan kejadiannya ke Polisi setempat. Dan tim reserse dan kriminal dari Polisi Sektor Kembangan, Jakarta Barat, telah datang memeriksa tempat kejadian perkara pada Jumat (30/12), juga Babinsa, dan satuan penjaga keamanan kompleks.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017