Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dengan Pemprov Banten menggelar pameran produk unggulan melalui misi dagang dan investasi yang diikuti ratusan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari dua daerah mulai dari produk makanan, minuman, fashion, tembakau atau rokok, hingga kerajinan di Serang, Banten, Senin.
 
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Serang, Banten, Senin, mengatakan, misi dagang dan investasi diharapkan dapat tembus pendapatan sebesar Rp3 miliar sehingga dapat dijadikan referensi bersama.
 
"Misi dagang dan investasi ini kami targetkan sebesar Rp3 miliar dan untuk transaksi sudah tercatat sebesar Rp270 miliar di hari ini. Dan ini prosesnya lama dan akan dilakukan lagi memastikan cek lapangan mudah-mudahan diberikan kelancaran serta disukseskan," katanya.

Baca juga: Pemprov Banten dan Jawa Timur MoU misi dagang dan investasi
 
Khofifah mengatakan, Banten ini menjadi provinsi ke 33 yang dikunjungi terkait misi dagang dan investasi. Karena ingin menyampaikan bahwa 270 juta warga Indonesia itu pasar yang luar biasa.
 
"Ekspor ke luar negeri penting bagi Jawa Timur, Begitu juga  antar pulau antar provinsi juga penting karena marketnya juga gede sekali," katanya.
 
Selain itu, Khofifah juga mengatakan, telah melakukan kerjasama antara organisasi perangkat daerah (OPD) untuk penguatan kompetensi organisasi perangkat daerah.
 
"Penguatan kompetensi organisasi perangkat daerah ini penting dan saling proaktif bahwa masing-masing daerah punya keunggulan kompetitif dan komperatif antara daerah," katanya.
 
Sementara itu, Gubernur Banten Al Muktabar mengaku bersyukur Banten menjadi tujuan misi dagang dan investasi dari Jawa Timur dan berharap dengan kegiatan, maka investasi di Banten semakin meningkat lantaran Banten semakin dikenal.
 
"Pada tahun 2022, nilai investasi di Banten meningkatkan tajam hingga 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya, saya harap dengan adanya kerjasama ini juga investasi di Banten semakin meningkat," katanya.

Baca juga: 5.030 pekerja IHT terima BLT dana hasil cukai tembakau

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023