Serang (Antara News) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Banten memprogramkan bursa kerja setiap enam bulan sekali, di luar 'job fair' yang diselenggarakan setahun sekali dalam rangkaian HUT Banten setiap November.

''Nanti kami selengagarakan yang enam bulan sekali. Kami akan inventarisir perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja supaya lapor ke Dinas Tenaga Kerja provinsi," kata Kepala Disnakertrans Banten Alhamidi di Serang, Selasa.

Ia mengatakan bursa kerja yang diselenggarakan di Dinas Tenaga Kerja tersebut untuk memudahkan para pencari kerja serta perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang profesional dan sesuai spesifikasi pendidikan.

''Kami minta komitmen dari seluruh perusahaan di Banten agar melaporkan jika membuka lowongan kerja. Kami bisa jamin bisa menyiapkan SDM sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan," kata Alhamdidi.

Melalui bursa kerja tersebut, kata dia, diharapkan bisa terus menurunkan angka pengangguran di Banten yang sampai saat ini jumlahnya mencapai 489 ribu orang. Jumlah pengangguran tersebut terus meningkat seiring dengan datangnya lulusan abru dari sekolah-sekolah SMA dan juga perguruan tinggi.

Alhamidi mengatakan, pada bursa kerja (job fair) yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten pada 3 November lalu, pihaknya menyediakan sekitar 11.454 lowongan kerja yang disediakan 38 perusahaan di wilayah Banten.

Ia mengatakan sebanyak 11.454 lowongan pekerjaan tersebut untuk semua lulusan SMA/SMK, D1-D3, S1 dan S2, tetapi sebagian besar untuk lulusan sekolah menengah atas atau sederajat terutama SMK. Lowongan pekerjaan tersebut disiapkan bagi masyarakat terutama lulusan pendidikan di Banten yang belum bekerja, dengan rinician 10.824 lowongan untuk lowongan di perusahaan lokal dan 630 untuk lowongan di luar negeri.

"Tujuan 'job fair' untuk mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja. Sehingga tenaga kerja yang dibutuhkan diharapkan bisa sesuai harapan dan kualifikasinya," kata Alhamidi.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016