Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Banten menetapkan kegiatan car free day dilaksanakan setiap akhir pekan, dari yang sebelumnya hanya sebulan sekali pada pekan kedua dengan tujuan menurunkan emisi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Tihar Sopian di Tangerang, Minggu, mengatakan car free day menjadi salah satu program yang digencarkan Pemkot dalam mengatasi polusi saat ini.

Diakuinya, antusias masyarakat yang mengikuti kegiatan car free day sangat besar. Tak hanya untuk mengurangi emisi, tetapi  juga mendorong transformasi sosial yang ramah lingkungan bagi masyarakat Kota Tangerang.

"Maka itu kegiatan car free day dilaksanakan setiap akhir pekan. Diharapkan ini bisa mengatasi polusi yang terjadi," katanya.

Baca juga: Tekan polusi, Pemkot Tangerang gelar uji emisi di tiga lokasi jalan

Tihar juga menuturkan jika kegiatan car free day (CFD) memiliki manfaat lainnya seperti sosialisasi program oleh organisasi perangkat daerah (OPD), penjualan produk oleh UMKM serta kumpulnya para komunitas.

"Adanya CFD ini dapat membatasi mobilitas kendaraan bermotor, sehingga ini menjadi kesempatan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menurunkan tingkat polusi udara yang akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan,” katanya.

Car free day di Kota Tangerang dilaksanakan di 13 lokasi, yakni Tugu Adipura Kota Tangerang, Jalan Marsekal Suryadarma Neglasari, Jalan Pinang Kunciran, Jalan Perumahan Puri Beta 1 Larangan.

Lokasi lainnya, Palem Semi Cibodas, Jalan Dahu Jatiuwung, Duta Garden Benda, Jalan Pojok Peruri Ciledug, Jalan Irigasi Sipon Cipondoh, Jalan Berhias Karawaci, Jalan Juanda Batuceper, Komplek CBD Karang Tengah, dan Grand Tomang Periuk.

Baca juga: 39.611 kendaraan di Kota Tengerang sudah diuji emisi, 70 unit tidak lulus
Baca juga: Alphabet Incubator ciptakan aplikasi pemantau kualitas udara



 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023