Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Bulog Tangerang melakukan dropping program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) 200 ton beras ke sejumlah toko guna menjaga stabilitas harga di pasaran.

Kepala Bulog Tangerang, Omar Syarif di Tangerang, Senin mengatakan beras yang disalurkan dalam ukuran lima kilogram dengan harga Rp8.500 per kilonya. Sementara pedagang hanya boleh menjual dengan harga Rp9.450 per kilogram atau Rp47.250 per lima kilogram. 

Ia menambahkan, Bulog melakukan dropping SPHP beras kurang lebih 40 toko di Kota Tangerang sehingga masyarakat bisa membeli beras di toko terdekat.

"Pastinya dengan harga yang lebih murah dari pasaran dengan kualitas yang layak. Rp9.450 per kilo atau Rp47.250 per lima kilo," kata Omar dalam keterangannya.

Beberapa hari terakhir harga beras di sejumlah wilayah mengalami kenaikan, tidak terkecuali di Kota Tangerang.

Baca juga: Bulog Tangerang sebut musim kemarau tak pengaruhi stok beras

Omar Syarif menyatakan, SPHP atau dropping SPHP beras ini akan terus dilaksanakan hingga harga beras di pasaran kembali stabil. SPHP ini tidak ada batasan waktu, terus dilakukan dan akan dimasifkan pada kondisi harga pasar naik seperti saat ini. 

"Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kenaikan harga beras di pasaran. Salah satunya karena kurangnya pasokan, berkaitan dengan musim kemarau yang panjang, secara hukum pasar jika pasokan kurang maka harga naik. Kemudian kedua, areal panen luasannya semakin menipis di tengah permintaan pasar yang tinggi, maka jelas harga naik," ujarnya.

Sementara itu, dari data Bulog Tangerang, stok beras saat ini masih tercatat aman dengan tersedia 17 ribu ton beras. Jika setiap bulannya keluar 1,000 ton, stok masih aman hingga 17 bulan ke depan. Bahkan, jika permintaan naik dua kali lipat pun masih aman sembilan bulan ke depan.

"Dengan itu, masyarakat diimbau untuk tidak panik dengan kondisi kenaikan harga beras saat ini, stok Bulog Tangerang aman dan masyarakat bisa memilih SPHP beras dengan harga yang terjangkau," pungkas Omar Syarif.

Baca juga: Bulog Lebak-Pandeglang gelontorkan 2.900 ton beras SPHP
Baca juga: Bapanas: pemberian bantuan pangan beras dipercepat September

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023