Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Provinsi Banten Herman Suwarman mengingatkan kepada para aparatur sipil negara (ASN) untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi saat perjalanan ke kantor sebagai upaya mengurangi dampak polusi.

"Pentingnya partisipasi aktif dari para ASN dalam mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan pribadi," kata Herman di Puspemkot Tangerang, Senin.

Ia juga berharap agar para ASN dapat berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dan turut serta dalam upaya pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan polusi di wilayah Kota Tangerang.

"Lakukan penghijauan dan menjadi contoh dalam mengurangi dampak polusi. Ajak peran aktif masyarakat agar bisa bersama - sama mewujudkan lingkungan yang sehat," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang atur mobilitas truk besar demi lancarnya KTT ASEAN

Terkait Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) maupun edaran dari Pemprov Banten untuk menangani dampak polusi, menurut dia, telah disosialisasikan kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD), kelurahan dan kecamatan.

"Semua OPD diingatkan untuk menjalankan tugasnya, khususnya dalam mengatasi dampak polusi yang terjadi di Indonesia, khususnya di Kota Tangerang.

“Hal ini, sejalan dengan arahan dari Mendagri yang menggarisbawahi urgensi menghadapi masalah polusi di Indonesia,” ujarnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 2 Tahun 2023 tentang Pengendalian Pencemaran Udara pada Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Adapun poinnya yakni penerapan sistem kerja hybrid, pembatasan kendaraan bermotor, peningkatan pelayanan transportasi publik, pengetatan uji emisi, optimalisasi penggunaan masker, pengendalian emisi lingkungan dan penerapan solusi hijau, serta pengendalian pengelolaan limbah industri.

Baca juga: Antisipasi geng motor, Polres Metro Tangerang giatkan patroli
Baca juga: DLH sebut kualitas udara Kota Tangerang kurang baik

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023