Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang mengadakan penyuluhan terhadap 389 lansia dengan usia di atas 55 tahun agar tetap sehat, mandiri, aktif dan produktif (SMART).

Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang, Jatmiko di Tangerang Rabu mengatakan pada tahun 2050 nanti, diperkirakan satu dari lima orang di bumi berusia 65 tahun ke atas.

Sikap masyarakat terhadap usia tua dan lansia menentukan kesejahteraan. "Untuk itu kita mengadakan kegiatan seperti ini, sebagai upaya kepedulian kami terhadap kesejahteraan para lansia," kata Jatmiko pada kegiatan penyuluhan di Gedung Nyimas Melati, Rabu.

Baca juga: "Lansia Sumringah" dorong kualitas kesehatan lansia yang lebih baik

Selain memberikan materi mengenai lansia tangguh, kegiatan ini juga diselingi dengan senam hipertensi, senam otak, serta gim yang bertujuan untuk meningkatkan daya ingat lansia agar terhindar dari penyakit demensia.

“Menjalani usia senja dengan sikap positif adalah modal dasar untuk menjadi lansia yang bahagia dan sejahtera. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat para lansia di Kota Tangerang dalam menjalani masa tua,” harap Jatmiko

Sementara itu, Endang (76 tahun) salah seorang lansia yang hadir mengaku senang dapat mengikuti kegiatan ini, karena kegiatan ini membuat dirinya semakin produktif di masa tuanya.

"Selain menambah wawasan baru, ini juga menjadi hiburan dan suntikan kebersamaan antarlansia agar bisa saling menguatkan," katanya.

Baca juga: "Lansia sumringah" masuk 99 besar inovasi pelayanan publik nasional

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023