Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi 15 dokter Rumah Sakit dr Dradjat Prawiranegara (RSDP) yang menjadi konsultan para tenaga kesehatan tingkat nasional Baik dokter spesialis maupun sub-spesialis. 

“Ini membuktikan jika sumber daya manusia di RSDP Serang sudah cukup baik dan lengkap. Ke depan kami terus melengkapi sarana prasarana, karena dokter spesialis tentunya membutuhkan peralatan-peralatan untuk mendukung kerja-kerja mereka,” ujar Tatu usai merayakan ulang tahun RSDP ke-85, Senin.

Baca juga: RSDP Kabupaten Serang sediakan layanan 'Cath Lab' gunakan BPJS

Pada kesempatan tersebut Bupati Tatu juga mengapresiasi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang dilakukan RSDP milik Pemerintah Kabupaten Serang itu. Tidak hanya menjadi rujukan namun menjadi konsultan tenaga kesehatan nasional. 

Tatu mengungkapkan ruang operasi di RSDP saat ini juga terus bertambah, dari semula berjumlah delapan menjadi 12 ruangan.

”Karena RSDP ini menjadi rujukan dari rumah sakit di Banten bagian barat yaitu Kabupaten Lebak, Pandeglang, Kota Cilegon, Kota Serang dan Kabupaten Serang,” ujarnya. 

Baca juga: Hattrick, RSDP Serang Raih Akreditasi Paripurna dari LARSDHP

Di kesempatan itu Tatu juga menyampaikan permohonan dukungan baik dari pemerintah pusat, provinsi, dan legislatif. Sebab menurutnya, sebagai rumah sakit rujukan, RSDP harus terus menambah ruang pelayanan dan sarana prasarana penunjang lainnya.

”Saat ini untuk pelayanan penyakit jantung sudah bisa dilayani di RSDP. Ruang VIP pun terus bertambah. Namun untuk memperluas kapasitas gedung, kami punya lahan terbatas, sehingga membangun bangunan berlantai, dan ini membutuhkan anggaran yang besar,” ujarnya.

Direktur RSDP, Rachmat Setiadi mengatakan, saat ini pihaknya sudah melayani hingga proses operasi penyakit jantung dan ginjal dengan tersedia ruang operasi dan konsultannya.

"Ada tujuh yang dipercayakan oleh Kementerian Kesehatan. Yang dua tadi adalah jantung selain itu juga neuroplastisitas, saraf, kanker, paru, dan khusus ibu-anak,” ujarnya.

Baca juga: RSDP raih penghargaan rumah sakit terbaik empat program nasional
 
Rachmat memastikan, sumber daya kesehatan atau tenaga medis di RSDP sangat mendukung proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.  Sehingga pihaknya terus meningkatkan kualitas seluruh tenaga kesehatan yang ada. 

”Supaya kita bisa lebih menangani kasus-kasus yang lebih berat lagi. Sedangkan untuk daya tampung RSDP masih cukup, sekitar 458 tempat tidur, sebagian disiapkan untuk rujukan-rujukan,” katanya.

 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023