Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran permukiman menyusul tibanya musim kemarau.
 
"Kami mencatat 30 rumah dan pondok pesantren dari Januari sampai awal Agustus mengalami kebakaran dengan total kerugian Rp2,6 miliar dan tidak ada korban jiwa," kata Kepala Badan Satuan Polisi dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Lebak Dartim di Lebak,Jumat.

Pemerintah Kabupaten Lebak telah mengeluarkan peringatan dini sehubungan kemarau panjang yang berpotensi meningkatnya kasus kebakaran pemukiman dan kawasan hutan dan lahan.
 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak kemarau El Nino pada Agustus-September 2023.
 
Karena itu, masyarakat dapat mencegah terjadi kebakaran di pemukiman padat penduduk dengan melakukan pemeriksaan kabel aliran listrik agar tidak mengakibatkan korsleting arus pendek yang bisa memicu percikan api.

Baca juga: Masyarakat diimbau tak bakar hutan dan lahan sembarangan
  
Masyarakat yang membuka ladang diharapkan juga tidak melakukan pembakaran rerumputan kering serta tidak membuang puntung rokok ke semak-semak belukar, karena bisa menimbulkan kebakaran kawasan hutan.

"Kami minta aparatur kecamatan,desa/kelurahan dapat menyampaikan pada masyarakat agar melakukan pencegahan kasus kebakaran pada musim kemarau," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, peringatan dini kebakaran dilakukan guna mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerugian material cukup besar.
 
Selama ini, kasus kebakaran di pemukiman ditangani dengan baik setelah menerima laporan dari masyarakat dengan menyiagakan tujuh unit kendaraan pemadam kebakaran dengan personel sebanyak 26 orang.
 
"Kita begitu menerima laporan adanya kebakaran dan langsung petugas terjun ke lokasi untuk melakukan pemadaman," kata Dartim.
 
Sementara itu, pengelola Pondok Pesantren (Ponpes) Khozanaturahmah Al Idrus Cilangkap, Kabupaten Lebak Kiyai Fuad mengatakan pihaknya belum lama ini terkena musibah bencana kebakaran hingga delapan ruangan kondisinya rata dengan tanah.
 
"Kami beruntung kebakaran itu tidak ada korban luka maupun jiwa,"katanya.

Baca juga: Rokok disebut picu kebakaran hotel yang tewaskan tiga orang di Jaksel
Baca juga: Gudang penyimpanan limbah fiber plastik di Tangerang terbakar

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023