Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di pedesaan wilayah Kabupaten Lebak, Banten berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai kegiatan lomba untuk menghibur masyarakat.
 
"Kita menyelenggarakan kegiatan lomba nasi tumpeng dan gerak jalan santai," kata Ketua Pemuda Desa Sukamanah Kabupaten Lebak, Romli di Lebak, Kamis.
 
Selain untuk memeriahkan HUT RI ke 78 tahun, lanjut dia, kegiatan tersebut sekaligus menjalin silaturahmi antarwarga juga meningkatkan persatuan dan semangat patriotisme nilai-nilai perjuangan bangsa.
  
Karena itu, pihaknya menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba untuk mengenang dan mengingatkan agar masyarakat semangat dan tanpa kenal lelah untuk berjuang dalam mengisi pembangunan.
 
"Kami berharap melalui kegiatan lomba itu dapat membangkitkan semangat patriotisme dan memperkuat persatuan," kata Romli menambahkan.
 
Menurut dia, kegiatan lomba memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di wilayahnya melibatkan peserta 5 RW dan 19 RT.

Baca juga: Teknisi sound di Tangsel panjat tiang bendera demi Merah Putih berkibar
 
Peserta gerak jalan santai itu memakai pakaian kostum yang unik, seperti laki-laki menggunakan pakaian daster perempuan yang hamil juga petani memakai kaos yang penuh darah serta pejuang yang menentang senjata sebagai simbol perjuangan.
 
Selain itu juga kegiatan lomba tumpeng nasi yang menyajikan aneka makanan daerah di Indonesia, sebab Indonesia juga memiliki kekayaan khasanah aneka makanan khas tersendiri.
  
"Peserta yang menjadi juara dapat hadiah alat-alat perabotan rumah tangga," katanya menegaskan.
 
Begitu juga Ketua RT 01/09 Desa Rangkasbitung Timur Kabupaten Lebak Iman. Menurut dia, pihaknya juga menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai lomba makan kerupuk,l omba balap karung, mencari ikan di kolam hingga lomba gerak santai.
 
"Kami setiap Agustusan bersama warga menyelenggarakan kegiatan perlombaan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan," kata Iman.
 
Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbanpol) Kabupaten Lebak Sukanta mengatakan pemerintah daerah mengapresiasi berbagai kegiatan lomba di masyarakat, termasuk Suku Badui memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI sebagai bentuk cinta Tanah Air, dimana para pejuang dengan mengorbankan harta dan jiwa untuk Indonesia merdeka.

Baca juga: PJ Gubernur Banten ajak masyarakat isi kemerdekaan dengan bangun daerah
Baca juga: HUT RI, Warga Serang bentangkan bendera Merah Putih di tengah sawah
  

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023