Jakarta (Antara News) - Universitas Budi Luhur bekerja sama dengan School of Global Japanese Studeis (SGJS)  Meiji University Tokyo melaksanakan program Volunteer Abroad 2016 pada tanggal 8 sampai dengan 28 Agustus 2016. Rektor Universitas Budi Luhur, Prof. Ir. Suryo Hapsoro mengatakan “bagi pihak Universitas Budi Luhur, program ini adalah salah satu wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. Sedangkan bagi pihak Meiji University, program ini merupakan salah satu program kuliah praktek di luar negeri, dan merupakan program pertama untuk benua Asia. Program luar negeri lain yang telah dijalankan Meiji University adalah ke Toronto dan Canada.  

Menurut Liza Dwi Ratna Dewi, selaku penanggung jawab program, “Program ini melibatkan 10 Dosen Universitas Budi Luhur, 14 Mahasiswa Universitas Budi Luhur, dan 14 Mahasiswa SGJS Meiji University Tokyo”. Rangkaian dilakukan selama 21 hari ini meliputi 3 bagian besar, yaitu: Membantu guru mengajar di sekolah; Kegiatan pengolahan limbah; dan Pengenalan kehidupan pesantren. Membantu guru mengajar dilakukan di Sekolah Khusus Sang Timur, Sekolah Dasar Lazuardi Cordova, SMA Budi Luhur. Kegiatan pengolahan limbah dilakukan dengan pengumpulan dan pemilahan sampah di Kampus Budi Luhur, pembuatan kerajinan dari bahan limbah, bergabung dalam Osoji Club di senayan, dan mengikuti aktivitas Bank Sampah Gawe Rukun, Kelurahan Kunciran Tangerang. Sedangkan pengenalan kehidupan pesantren dilakukan dengan mengikuti kehidupan santri selama 3 hari 2 malam di Pesantren Daar El Qolam 2, Gintung, Jayanti, Tangerang. 

“Untuk membuka wawasan dan pergaulan global mahasiswa, selain dengan Jepang, kerjasama Universitas Budi Luhur dilakukan dengan Taiwan, Belanda, Kamboja, Australia”, Ujar Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro. Interaksi mahasiswa dengan mahasiswa berbagai negara merupakan salah satu cara bagaimana Universitas Budi Luhur memberikan pembekalan kepada mahasiswa. 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016