Tangerang (Antara News) - "Tangerang International Folklore Festival" (TIFF) 2016 yang selenggarakan di Kota Tangerang dan diikuti perwakilan seniman dari empat negara yang diharapkan dapat mempererat persahabatan antar negara.

"Keterlibatan seniman tari dari luar negeri di acara ini telah mempererat persahabatan dengan Indonesia dan negara lainnya melalui seni dan budaya," kata Vivien Marie L Ferer sebagai penanggung jawab tim kesenian Filipina.

Tangerang International Folklore Festival (TIFF) 2016 diikuti perwakilan empat negara yakni Philipina, Meksiko, Srilanka dan India. Sedangkan untuk di Indonesia, diikuti puluhan seniman lokal.

Dijelaskannya, untuk tampil adalam acara Tangerang International Folklore Festival (TIFF) 2016, pihaknya melakukan latihan selama dua bulan.

Sementara itu, dalam kesempatannya mengisi acara di sekolah - sekolah, pihaknya membawakan beberapa tarian daerah Philipina.

General Director of Tangerang International Folklore Festival 2016, A Fadil Sugandi mengatakan, setiap seniman tari luar negeri diberikan kesempatan untuk menampilkan tarian dan mengenalkan budaya kepada pelajar dan masyarakat.

Panitia telah menyiapkan acara di beberapa sekolah, pusat belanja dan Lembaga Pemasyarakatan untuk pengenalan budaya itu.

Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya di masyarakat terutama pelajar sebagai generasi penerus bangsa. "Ini adalah upaya dari pemerintah untuk melestarikan seni dan budaya," jelas Fadil.

Tangerang International Folklore Festival 2016 diselenggarakan selama enam hari mulai tanggal 21 - 26 Agustus di Kota Tangerang. Berbagai kegiatan telah disiapkan dengan pusat acara yakni di halaman pusat pemerintahan kota tangerang.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016