Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah berharap para anggota Paskibraka mampu menginspirasi generasi muda Indonesia dalam menanamkan jiwa patriotisme.

“Para Paskibraka bisa menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga ideologi bangsa Pancasila dan terus membangun kebersamaan seluruh masyarakat, terutama kaum muda," kata Wali Kota Arief di Aula Al-Amanah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa.

Dalam upacara pengukuhan yang penuh khidmat, Wali Kota Tangerang mengukuhkan anggota Paskibraka dengan memasangkan Pedang Pora, yang menjadi simbol dan melambangkan semangat kebangsaan serta patriotisme.

Wali Kota juga mengapresiasi dedikasi dan komitmen para Paskibraka selama menjalani latihan dan persiapan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme.

“Para anggota Paskibraka ini telah melewati seleksi ketat dan pelatihan intensif demi mempersiapkan diri mereka dalam melaksanakan tugas mulia sebagai pengibar bendera dalam upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan,” katanya menambahkan.

Baca juga: 50 calon Paskibraka Tangerang disiapkan untuk Upacara Detik-Detik Proklamasi

Sebagai informasi 50 peserta paskibraka Kota Tangerang yang dikukuhkan telah melalui berbagai tahapan seleksi. Dari jumlah calon Paskibraka 972 orang, yang lolos seleksi 50 orang dengan rincian 24 laki-laki dan 26 perempuan.

Sementara di tempat terpisah, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie juga mengukuhkan sebanyak 50 pelajar SMA/SMK sebagai Paskibraka di Aula Blandongan, Puspemkot Tangsel, Selasa.

Wali Kota Benyamin Davnie berpesan kepada seluruh anggota Paskibraka untuk terus menanamkan jiwa patriotisme untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga: Pemkot Tangerang gelar dzikir bersama sambut HUT Kemerdekaan RI

“Ini ditunjukkan untuk menanamkan patriotisme yang jadi faktor signifikan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Serta, membangun tradisi dan perilaku yang positif dalam pentingnya disiplin, kecerdasan dan kebersamaan,” kata Wali Kota Benyamin dalam keterangannya.

Menurutnya, melalui keanggotaan Paskibraka ini dapat menumbuhkan semangat para pemuda dalam menanamkan nilai sosial di masyarakat.

Sehingga, Ia meyakini para Paskibraka ini mempunyai tekad dan mental yang kuat. Maka dari itu, mental yang dimiliki para Paskibraka ini diharapkan bisa menjadi penerus bangsa.

“Kalian merupakan pelajar yang terpilih seleksi dan dilatih, sehingga dengan begitu bisa meningkatkan peran serta pemuda dalam bermasyarakat," katanya.

Baca juga: Tekan polusi, pegawai di Tangerang diimbau gunakan transportasi umum

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023