Sebanyak 50 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten untuk menyambut pelaksanaan Upacara Kemerdekaan HUT ke-78  RI tahun 2023.

Puluhan calon Paskibraka yang terdiri dari pelajar pilihan ini tengah mengikuti kegiatan pemusatan, pendidikan dan pelatihan dari TNI/Polri.

Asisten Daerah Kabupaten Tangerang Bidang Perekonomian dan Pembangunan Syaifullah di Tangerang, Senin mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini menjadi tanggung jawab bersama untuk menyukseskan kegiatan upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 agar berjalan lancar dan penuh hikmat.

"Jangan jadikan kegiatan ini hanya sebagai tempat tinggal sementara saja, tetapi jadikan sebagai kawah candradimuka sebagai pembentukan karakter, disiplin, dan semangat nasionalisme," katanya.

Dia menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tangerang sangat mengapresiasi dan bangga atas semangat dan dedikasi dalam mengambil langkah penting ini.

Baca juga: Istana Kepresidenan gelar gladi kotor Upacara Detik-Detik Proklamasi

Menurut dia, Paskibraka merupakan pasukan dari pelajar-pelajar terbaik yang telah melalui berbagai proses dan tahapan seleksi ketat.

"Kami ucapkan selamat kepada anak-anakku yang telah terpilih sebagai calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Pakibraka) Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Tangerang. Pesan saya, selalu tingkatkan kualitas diri sebagai insan yang terpilih, beretika dan juga berbudi pekerti yang baik serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tangerang, Rudi Lesmana menyampaikan puluhan calon Paskibraka yang terpilih ini nantinya akan menjalankan tugas untuk mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih yang berlangsung pada upacara HUT RI tanggal 17 Agustus mendatang.

Puluhan peserta ini telah mengikuti pemusatan dan pendidikan selama 10 hari ke depan. Dalam kegiatan tersebut, para peserta akan dibekali nilai-nilai wawasan kebangsaan dan juga ideologi Pancasila.

Dari puluhan peserta ini terdiri dari 24 putra dan 26 putri dari jenjang SMA sederajat yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Semoga dengan karantina ini para peserta dapat menanamkan nilai ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan," kata dia.

Baca juga: HUT RI, Kesbangpol Cilegon bagikan bendera Merah Putih pada warga
Baca juga: Wali Kota Tangerang instruksikan camat libatkan warga dalam upacara HUT RI

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023