Serang (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno mengajak generasi muda daerah itu melestarikan dan mencontoh nilai-nilai kejuangan para veteran dan perintis kemerdekaan yang telah banyak berkorban untuk kemerdekaan.

"Generasi muda kelak akan menjadi pemimpin bangsa, harus bisa mencontoh dan melestarikan nilai-nilai kejuangan para perintis kemerdekaan," kata Gubernur Banten Rano Karno saat menghadiri tasyakuran HUT Kemerdekaan RI ke-71 bersama para veteran dan perintis kemerdekaan serta KNPI di Pendopo Gubernur Banten di Serang, Senin.

Salah satu upaya mencontoh nilai kejuangan tersebut yakni mengisi kemerdekaan dengan berkontribusi untuk membangun daerahnya agar lebih baik lagi.

Ia mengatakan, acara tasyakuran HUT Kemerdekaan RI ke71 bersama para veteran dan perintis kemerdekaan dengan generasi muda di Provinsi Banten, dalah untuk mengenang jasa-jasa para perinitis kemerdekaan yang telah banyak berkorban, baik tenaga dan materi, bahkan nyawa sekalipun untuk kemerdekaan. Oleh karena itu, kejuangan tersebut harus bisa dicontoh dalam meneruskan perjuangan dan mengisi kemerdekaan.

"Kita telah merdeka dan kita bisa mandiri dalam menentukan arah kehidupan dan cita-cita bangsa. Untuk itu mari kita isi kemerdekaan ini dengan pembangunan yang lebih baik lagi," kata Rano Karno dihadapan ratusa veteran dan anggota KNPI Banten.

Ia mengatakan, memaknai HUT Kemerdekaan RI ke-71 yakni merepleksi diri dan merenung untuk merancang tujuan pembangunan yang lebih baik. Meskipun dengan kemerdekaan banyak diraih berbgaai kemajuan, tetapi masih ada kekurangan yang harus diperbaiki.

"Kemerdekaan yang diraih merupakan sejarah yang tidak boleh dilupakan, kejuangan dapat terus dilestarikan para generasi muda yang kelak akan memipun negeri ini," kata Rano Karno.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Banten Tubagus Muhamad Janawi mengatakan, dengan kemerdekaan RI yang sudah direbut dari tangan penjajah, banyak kemajuan yang telah dicapai oleh anak bangsa. Generasi bangsa saat ini bisa menikmati kemerdekaan dengan dengan mengisi pembangunan serta kemajuan ekonomi dan pembangunan yang dirasakan masyarakat.

"Dulu kita pakai sepedah saja sudah untung. Sekarang kita sudah bisa menikmati kemajuan pembangunan salah satunya kita bisa naik mobil dan motor," kata Janawi.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah yang telah banyak memberikan perhatian kepada para veteran dan perintis kemerdekaan, termasuk perhatian Gubernur Banten Rano Karno bagi para veteran di Banten.

Sementara Ketua KNPI Banten Ali Hanfiah mengatakan,  generasi muda Banten harus berperan dalam berbagai sektor pembangunan di Provinsi Banten. Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan kesempatan dan peluang bagi pemuda Banten untuk terus berkarya dalam mengisi kemerdekaan.

"Kami sampaikan terimakasih kepada Gubernur Banten yang peduli terhadap pembangunan pemuda di Banten, salah satunya dengan lahirnya Perda Kepemudaan di Banten," kata Ali Hanafiah.

Ali juga mengajak generasi muda Banten khususnya untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan profesionalisme. Sehingga para pemuda bisa berperan dalam pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera.

"Pemuda Banten siap mendukung siapapun pemimpin Banten kedepan yang memiliki komitmen untuk membuat Banten lebih baik." kata Ali.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016