Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Banten, mengajukan permohonan pinjam pakai pompa ke Pemerintah Provinsi Banten untuk menangani kekeringan akibat fenomena El Nino yang terjadi saat ini.
 
"Kami berharap dengan pinjam pakai pompa dapat menyelamatkan produksi pangan," kata Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Lebak Deni Iskandar di Lebak, Rabu.
 
Pengajuan permohonan pinjam pakai pompa air tersebut guna membantu kelompok tani yang mengalami kekeringan dan mengancam gagal panen.
 
Saat ini, pihaknya banyak menerima laporan petani mengalami kekeringan, sehingga membutuhkan pompa untuk menyedot air dari aliran sungai.

Baca juga: Banten pinjamkan pompa untuk bantu petani airi sawah
 
Karena itu, pihaknya mengajukan permohonan pinjam pakai pompa ke Pemprov Banten untuk membantu kelompok tani yang mengalami kekeringan.
 
Sebab, pompa yang ada masih kurang sehingga perlu adanya pinjam pakai.
 
"Kami berharap pinjam pakai pompa itu sebanyak 15 unit dan bisa direalisasikan oleh Pemprov Banten guna mendukung ketahanan pangan," katanya menjelaskan.
 
Ketua Kelompok Tani Sukabungah Desa Tambakbaya Kabupaten Lebak Ruhiana (55) mengatakan dirinya sudah melaporkan ke Dinas Pertanian setempat adanya kekeringan sawah seluas 50 hektare di wilayahnya.
 
"Kami berharap Dinas Pertanian Lebak dapat membantu pompa air dengan kapasitas 4 inci agar persawahan bisa teraliri dengan menyedot air permukaan Sungai Ciujung," kata Ruhiana.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid mengatakan pihaknya sudah menyiapkan pompa untuk mendukung program ketahanan pangan juga luas tambah tanam dan indeks pertanaman.
 
"Kami siap menyalurkan pinjam pakai pompa setelah mereka dinas pertanian daerah mengajukan permohonan," kata Agus.

Baca juga: Pemkab Lebak siagakan pompa untuk hadapi El Nino

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023