Jakarta (Antara News) - Universitas Budi Luhur menyelenggarakan acara bedah buku berjudul "Entrepreneurship at the Bottom of Pyramid" dengan menghadirkan pembicara utama penulis buku Dr. Marcello Tonelli dari Queensland University of Technology, Brisbane, Australia.

Acara tersebut dipandu oleh moderator Dr. Sugiharto Soeleman selaku Direktur Pascasarjana Universitas Budi Luhur

Acara bedah buku ini dibuka oleh Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Suryo Hapsoro Tri Utomo P.hD didampingi oleh Deputy Rektor Bidang Akademik  Universitas Budi Luhur, Dr. Wendi Usino, MSc.

Dalam presentasinya, Dr. Tonelli mengupas berbagai fenomena tentang kemiskinan, munculnya jiwa kewirausahaan diantara masyarakat miskin, serta hambatan-hambatan yang dihadapi oleh masyarakat golongan bawah untuk berwirausaha. 

Ia juga membahas tentang keterlibatan beberapa lembaga berkaitan dengan transformasi sosial untuk menuju pembangunan ekonomi.

Dua panelis lainnya yakni Dr. Indra Cahya Uno selaku Ketua Yayasan Mien R Uno dan Dr. Dewi Puspaningtyas Faeni dari Universitas Budi Luhur memberi tanggapan atas buku yang ditulis oleh Dr. Tonelli dilanjutkan dengan tanya jawab peserta bedah buku. 

Beberapa butir penting dari diskusi dalam bedah buku tersebut adalah munculnya potensi penelitian lanjut untuk mengatasi hambatan peluang mendapatkan pendanaan bagi masyarakat golongan bawah serta kemungkinan menciptakan "greenpreneurship" berbasis pemberdayaan masyarakat golongan bawah.

Acara bedah buku ini dihadiri oleh sekitar 150 peserta yang mewakili civitas akademika Universitas Budi Luhur, mahasiswa Pascasarjana , alumni, dan pustakawan dari beberapa perguruan tinggi.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016