Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meminta Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) membantu pemerintah daerah dan pusat menjaga stabilitas daerah agar proses pembangunan bisa terus berjalan dengan baik.

"Dengan terbentuknya kepengurusan IKAL Lemhanas ini kita akan banyak mendapatkan masukan dan pencerahan terkait stabilitas daerah," kata Pj Gubernur Banten Al Muktabar usai menghadiri pelantikan pengurus DPD IKAL Lemhanas Provinsi Banten di Serang, Senin.

Ia mengatakan, harapan yang lebih khusus dari Pemprov Banten dengan lembaga ini adalah memberikan masukan dan pemikiran dalam mewujudkan ketahanan ekonomi, politik, keamanan, sosial dan budaya. Sehingga pada akhirnya "output" dan "outcome" nya adalah terwujudnya stabilitas daerah.

Ia mengatakan, Pemprov Banten menyambut baik pengukuhan pengurus IKAL Lemhanas Banten tersebut, karena Lemhanas sendiri adalah sebuah lembaga yang melakukan kajian-kajian strategis dalam upaya mewujudkan ketahanan nasional, baik ekonomi, politik, budaya dan pertahanan keamanan nasional.

"Lemhanas dengan segenap alumnusnya bisa mewujudkan stabilitas itu, karena stabilitas daerah itu variabelnya banyak," katanya menambahkan.

Baca juga: Pemilu 2024, Pemprov Banten siapkan dana cadangan Rp250 miliar

Sementara Wakil Ketua DPP IKAL Lemhanas Mustafa Abubakar berharap para alumni Lemhanas yang tergabung dalam IKAL Lemhanas segera ambil bagian untuk menyumbangkan pikiran yang strategis dalam penyelenggaraan negara dan pemerintah baik di pusat dan daerah terutama dalam ketahanan nasional.

"Saya sangat mengharapkan kepengurusan IKAL Lemhanas Banten, peduli pada bangsa dan negara, tidak apatis terhadap apa yang terjadi di masyarakat," kata Mustafa Abubakar usai melantik pengurus DPD IKAL Lemhanas Banten, mewakili Ketua Umum DPP IKAL Lemhanas Agum Gumelar.

Ketua DPD IKAL Lemhanas Banten Mayjen TNI (Pur) Ahmad Yuliarto mengatakan, pihaknya akan bersinergi dengan Pemprov Banten dalam upaya memantapkan ketahanan nasional khususnya di Provinsi Banten.

"Kami siap membantu Pj Gubernur Banten dalam menjalankan visi dan misi-nya terutama dalam ketahanan nasional di daerah," kata Ahmad Yuliarto.

Baca juga: Pj Gubernur Banten usulkan evaluasi PPDB secara menyeluruh
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023