Serang (Antara News) - Sebanyak 101 Aparatus Sipil Negara (ASN) dari Pemprov Banten dan juga delapan kabupaten/kota se-Banten mengikuti Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) III anggota Korpri Tingkat Provinsi Banten di Aula Kantor Inspektorat Banten, di Serang, Senin.

Para ASN Banten yang memiliki kelebihan dalam mengaji Al-qur'an tersebut, akan mengikuti lima cabang dan delapan golongan yang akan dilombakan dalam STQ Korpri Tahun 2016 tersebut. Bagi peserta yang juara di tingkat provinsi, akan dikirimkan untuk mewaili Banten pada STQ tingkat nasional November 2016 di Kalimantan Timur.

Ketua Panitia STQ III Korpri Provinsi Banten Agus Salim mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Korpri Nasional di Provinsi Kalimantan Timur pada 12-21 November 2016.

Agus mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut dalam upaya meningkatkan iman dan taqwa bagi para pegawai atau ASN di lingkungan Provinsi Banten serta sebagai sarana untuk penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Al-Quran juga sebagai wahana kompetensi bagi insan terbaik Korpri dalam mengembangkan bakat dan minat di bidang tilawah Al-Quran dan seni budaya lainnya.

"Tahun ini pesertanya lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Para peserta merupakan hasil dari seleksi di wilayahnya masing-masing," kata Agus.

Agus menyebutkan, lima cabang yang dilombakan dalam STQ tersebut yakni Tartil Qur'an, Tilawatil Qur'an, Hifdzil Qur'an, Dakwah dan Kaligrafi Qur'an. Sementara delapan golongannya yaitu, Tartil, Tilawah, Hifdil Qur'an 3 Juz, 5 Juz, 10 Juz, Da'i, Kaligrafi Dekorasi dan Kaligrafi Kontemporer.

Sekda Banten Ranta Suharta mengataakan, kegiatan STQ anggota Korpri Provinsi Banten yang dilaksanakan tahun ke III ini bertujuan menyediakan wahana kompetensi bagi insan terbaik ASN/Korpri dalam mengembangkan bakat dan minat dibidang tilawah Al-quran dan seni budaya lainnya.

''Paling penting adalah menanamkan nilai dan sikap jujur, toleransi, amanah dan tanggung jawab dalam anggota Korpri serta bisa mendalami makna yang terkandung dalam Al-Quran," kata Ranta.

Menurut Sekda, Korpri adalah organisasi tempat berhimpunnya ASN untuk mengabdi demi kemaslahatan bangsa, sehingga peran Korpri sangat strategis yaitu sebagai aparatur pemerintah abdi negara dan abdi masyarakat. Terlepas dari peran tersebut ASN harus memiliki keterampilan sehingga bisa tampil dan berdaya saing di semua sektor kehidupan berbangsa dan bermasyarakat termasuk keterampilan dalam kegiatan keagamaan misalnya Musabaqah Tilawatil Qur'an.

"Saya menginginkan nanti untuk jabatan kepala SKPD di Banten dites ngaji dan bisa menjadi peserta STQ. Ini bisa menjadi kekhasan atau muatan lokal bagi ASN di Banten," kata Ranta.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016