Dalam rangka Hari Mangrove Sedunia,  PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) bersama Jurnalis Banten melakukan penanam puluhan pohon mangrove di Wisata Mangrove Patikang Lestari, Kampung Citeureup, Panimbang, Banten, Rabu

Corporate Communications General Manager Chandra Asri Chrysanthi Tarigan mengatakan kegiatan yang dilakukan merupakan upaya mendukung dekarbonisasi dengan memaksimalkan blue carbon atau karbon yang diserap, disimpan, dan dilepaskan menjadi cadangan oleh ekosistem pesisir dan laut.

"Itu atas antusiasme dan partisipasi jurnalis di Banten yang telah turut serta dalam upaya Perseroan merawat lingkungan terutama pesisir," kata Santhi usai penanaman mangrove.

Shanti menambahkan, penanaman 30 bibit pohon mangrove ini sebagai bentuk kepedulian terhadap ekosistem mangrove yang dipercaya menjadi benteng alami bagi daerah pesisir. Selain menjadi tempat wisata yang berwawasan lingkungan, Kawasan Mangrove Patikang Lestari yang dibina oleh Chandra Asri juga menjadi lokasi penelitian dan daerah
konservasi.

"Tempat wisata ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada pengunjung mengenai manfaat dan pentingnya mangrove bagi pelestarian lingkungan," katanya menambahkan.

Baca juga: Pemprov Banten dukung kegiatan penanaman mangrove serentak

Selain itu, Kawasan Edu-Ekowisata Mangrove Patikang Lestari masuk dalam daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Melalui berbagai pengembangan, kawasan ini diharapkan menjadi target Desa Wisata Kementerian Pariwisata. 

Perseroan bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Putri Gundul Kampung Patikang dalam mengembangkan dan melestarikan kawasan sebagai lokasi penelitian, konservasi mangrove, maupun area wisata. 

Sementara itu Pokdarwis Deden Sudiana mengatakan pada 2017 di hutan mangrove sendiri kondisinya berantakan. Mangrove sebelumnya banyak ditebangi buat kayu bakar hingga buat perahu.

"Bibit yang dulunya terlantar sekarang sudah tidak ada. Semua masuk dalam polibag, karena memang kita jual ke luar. Selain itu, buah mangrove bisa diproduksi menjadi sirup dan dodol serta jaringan akar mangrove bisa dibuat keripik," katanya.

Baca juga: Dukung dekarbonisasi, perusahaan petrokimia terbesar di Cilegon raih penghargaan Pelestarian Lingkungan dan Biodiversity

Pewarta: Weli

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023