Pemerintah Provinsi Banten memberi bantuan sebanyak 210 alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor tangan dan kultivator bagi ratusan kelompok tani (poktan) yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota.

Bantuan alsintan yang bersumber dari APBD Banten Tahun Anggaran 2023 tersebut, secara simbolis diserahkan Pj Gubernur Banten Al Muktabar kepada perwakilan kelompok tani, di Kawasan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) Provinsi Banten di Serang, Senin.

"Kami berharap dengan bantuan alsintan ini sebagai pemantik kemandirian para petani untuk meningkatkan produktivitas yang berujung pada peningkatan kesejahteraan petani," kata Al Muktabar.

Ia mengatakan meskipun baru sebagian kecil kelompok tani di Banten yang memperoleh bantuan alsintan dari pemerintah, namun diharapkan dengan kemandirian para kelompok tani tersebut bisa meningkatkan produksi pertanian melalui pemanfaatan alsintan yang terus dikembangkan.

Baca juga: Kadindik Banten tindaklanjuti arahan Pj Gubernur tinjau MPLS di Kota Tangerang

"Petani memiliki peran strategis dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Bisa dibayangkan kalau tidak ada para petani, dunia akan kekurangan pangan," kata Al Muktabar.

Oleh karena itu, atas nama pemerintah Provinsi Banten dan juga mewakili pemerintah pusat, dia menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para petani yang sudah mencukupi kebutuhan pangan masyarakat.

"Beras yang jadi nasi itu makanan pokok kita
Beras tidak bisa diganti dengan yang lain. Oleh karena itu, kita harus berterima kasih kepada para petani," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid mengatakan kelompok tani yang mendapatkan bantuan alsintan itu tersebar di Kabupaten Lebak sebanyak 73 Poktan, di Kabupaten Pandeglang 65 Poktan, di Kahupaten Serang 38 poktan, di Kabupaten Tangerang 39 pokran, di Kota Serang 4 poktan, di Kota Cilegon, dan Kota Tangsel 1 poktan.

"Bantuan ini diserahkan dan dikelola oleh kelompok tani. Nantinya dipakai secara bergantian dengan teratur bagi rata-rata 25 orang petani dalam satu poktan," kata Agus.

Ketua Kelompok Tani "Garung Gede" dari Cijaku Kabupaten Lebak Muhamad berterima kasih kepada pemerintah atas bantuan traktor tersebut. Ia berharap semua kelompok tani di Banten bisa memperoleh bantuan alsintan untuk meringankan beban pekerjaan serta meningkatkan kesejahteraan petani.

"Selama ini saya bertani pakai cangkul aja. Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah dan sangat bahagia dengan adanya bantuan ini," kata Muhamad.

Baca juga: Al Muktabar soal Situ Cihuni: kembalikan ke fungsi semula untuk masyarakat

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023