Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang, Banten menyebutkan bahwa rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif dan eksekutif masuk ke dalam pembahasan panitia khusus (Pansus).

"Hasil paripurna hari ini, bahwa dua Raperda itu akan dibahas di Pansus," ucap Wakil ketua II DPRD Kabupaten Tangerang, Ilham Chair di Tangerang, Kamis.

Ia mengatakan, Raperda inisiatif tersebut keterkaitan dengan pendidikan pancasila serta wawasan kebangsaan dan kedua soal kepemudaan.

Sedangkan, untuk Raperda eksekutif terkait dengan pajak daerah dan retribusi. Kemudian soal perlindungan dan pemberdayaan nelayan.

Baca juga: Verifikasi bakal caleg DPRD Kabupaten Tangerang capai 99 persen

Ia menambahkan, Pansus akan menempuh beberapa tahapan hingga akhirnya Raperda disahkan menjadi Perda, seperti melakukan kunjungan kerja ke daerah hingga nantinya ditetapkan oleh Gubernur.

"Dua hari ke depan pembahasan awal, dan nanti selanjutnya kita lakukan kunker ke daerah lain," ujarnya.

DPRD Kabupaten Tangerang bersama Pemkab Tangerang sebelumnya telah mengusulkan dan memasukkan dua Raperda diantaranya inisiatif dan eksekutif.

Sementara, Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli menambahkan jika dua Raperda ini segera dibahas Pansus agar dapat terealisasikan, sehingga berdampak positif untuk masyarakat.

"Kalau sudah ada regulasinya untuk nelayan, seperti pemberian hibah dan sebagainya, bisa membuat nelayan jadi sejahtera," kata dia.

Baca juga: Produk tas dan sepatu asal Tangerang dipamerkan di Expo APKASI 2023
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023