Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengungkapkan Festival Al-Azhom Kota Tangerang, Banten bagian wujud kreasi dan inovasi para pemuda serta remaja masjid yang memberi inspirasi bagi peningkatan kreativitas mereka.

"Karena para pemuda adalah pemimpin kita di masa depan, di tangan merekalah nanti bangsa kita akan dipimpin menuju generasi Indonesia Emas Indonesia 2045," kata dia dalam keterangan di Tangerang, Rabu.

Festival Al Azhom Kota Tangerang dilaksanakan pada 18-30 Juli dengan diisi berbagai hiburan dan pameran artefak Nabi Muhammad SAW di Gedung MUI setempat.

Dia berharap, festival ini dapat mendorong ruang-ruang kreativitas para remaja masjid untuk terus berinovasi, berkreasi, serta berkegiatan positif.

Ia menyebut banyak kegiatan inspiratif dalam festival, seperti dalam bentuk seni budaya, keagamaan, dan bazar UMKM Kota Tangerang, sehingga para pemuda ini diharapkan berpartisipasi untuk mengembangkan diri.

Baca juga: Festival Al Azhom Tangerang pamerkan artefak Nabi Muhammad

Ke depan, dia menyatakan keinginan para pemuda dan remaja masjid dapat terus didorong berkegiatan positif.

Dia mengharapkan para remaja mesjid se-Kota Tangerang dapat mengajak dan menginspirasi para pemuda lain untuk berkegiatan positif sekaligus memakmurkan masjid di lingkungan masing-masing.

"Termasuk masjid bersejarah kita, Masjid Agung Al-Ittihad, cikal bakal Masjid Al-Azhom ini. Mungkin ke depan bisa dibuat juga Festival Al-Ittihad. Semoga dengan terbentuknya DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) baru ini juga dapat semakin memakmurkan tidak hanya masjidnya tetapi juga jamaahnya, terutama para remaja masjidnya dapat terwujud masyarakat Kota Tangerang yang barokah (berkah) dan berakhlakul karimah," katanya menambahkan.

Dia mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang memeriahkan festival yang digelar selama 18 hingga 30 Juli.

Baca juga: DKP Kota Tangerang bagikan satu ton bibit padi kepada kelompok tani

"Termasuk yang paling menarik adalah Pameran Artefak Rasulullah yang ada di Gedung MUI, yang baru saja kita gunting pita dan kita buka juga. Silakan pada hadir agar semakin dapat meningkatkan keimanan dan kecintaan kita kepada Rasulullah dan juga kepada Allah SWT," katanya.

Ketua Pelaksana 1 Dekade Festival Al-A’zhom Kota Tangerang Ikhwan Sukirman mengungkapkan 12 hari ke depan di Festival Al-A'zhom masyarakat umum dapat menikmati berbagai hiburan, pendalaman keislaman, dan lainnya, mulai dari beragam dakwah dengan pemuka agama, lomba keagamaan, dan hiburan oleh artis-artis nasional.

"Lewat 'event' (ajang) keislaman terbesar di Kota Tangerang ini, makna besar yang kami ingin syiarkan ialah semangat masyarakat Kota Tangerang untuk lebih bersinergi untuk dakwah islamiah di segala lini maupun sektor, dengan berbagai media syiar yang dimiliki," kata dia.

Baca juga: Inspektorat Pemkab Tangerang panggil kepala desa terkait penyelewengan Dana Desa

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023