Ratusan warga Pandeglang Banten, menyambut malam tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H/2023 M dengan melaksanakan dzikir dan dilanjutkan dengan pawai obor berkeliling kampung daerah itu.
 
Salah satu warga Komplek Cigadung Mandiri Kelurahan Cigadung, Pandeglang, M Alpin Rizki (28) mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati sekaligus memeriahkan malam tahun baru Islam.

"Kami berkumpul di lapangan mini Komplek Cigadung melaksanakan tawasulan atau berdoa kepada Allah SWT. Setelah itu  berkeliling sembari pawai obor," kata Alpin.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh warga tersebut dari berbagai kalangan umur, mulai dari anak-anak hingga lansia ikut serta dalam kegiatan tersebut dengan penuh keikhlasan.

Baca juga: Grebeg Suro Ponorogo diusulkan jadi festival internasional

Ratusan obor dinyalakan dan dibawa oleh para peserta yang berjalan beriringan di sepanjang jalan utama hingga keliling kampung sambil melantunkan sholawat di sepanjang perjalanan.

Pawai obor tersebut memberikan pemandangan yang spektakuler dan memukau, seakan menyinari malam dengan kehangatan dan semangat baru.

Kegiatan tersebut merupakan tradisi yang sudah dilakukan setiap tahun oleh masyarakat atau warga Pandeglang.

"Acara ini sebagai ungkapan syukur kita dalam menyambut tahun baru Islam. Selain itu, juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antarwarga dan menjalin kebersamaan," katanya menambahkan.

Ia juga berharap dengan adanya acara seperti itu akan semakin mengokohkan keimanan dan semangat dalam menjalankan ibadah. Sehingga dengan berdzikir dan pawai obor ini memberikan nuansa kehangatan serta kebersamaan yang membangkitkan semangat masyarakat Pandeglang. 

"Harapan kami kebaikan dan kemakmuran akan mengiringi perjalanan di tahun yang baru ini hingga mendatang," pungkas Alpin.

Baca juga: Ancaman iklim El Nino, Mentan jamin persediaan pangan nasional masih aman
Baca juga: Sosialisasi UU ITE, Polres Pandeglang gelar "Police Goes to School"

Pewarta: Lukman Fauzi

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023