Fakultas Teknik Universitas Pasundan (FT Unpas) bekerja sama dengan sektor industri seperti PT Mayora, menggelar rekrutmen industri untuk menyalurkan para mahasiswa semester akhir dan lulusannya di dunia kerja.

"Rekrutmen mahasiswa dan lulusan FT Unpas di dunia industri ini menjadi salah satu bagian program dari FT Unpas. Dan kerja sama rekrutmen industri seperti saat ini, yakni dengan PT Mayora merupakan program FT Unpas untuk membantu lulusan terserap di dunia kerja langsung dari kampus,” kata Dekan Fakultas Teknik Universitas Pasundan, Dr Yusman Taufik, MP di Kota Bandung, Senin.

Baca juga: IHRS 2023, perlihatkan lanskap dunia kerja masa depan

Yusman mengatakan sebelum pandemi COVID-19 FT Unpas sering melakukan rekrutmen industri di kampus, namun kemudian terhenti karena tidak boleh ada kegiatan di kampus.

“Sekarang setelah dibuka kembali pelaksanaan tatap muka di kampus, kami juga mulai kembali bekerjasama dengan berbagai industri untuk bekerjasama dalam hal akademik termasuk rekrutmen kerja,” katanya.

Baca juga: 12.921 lulusan SMK di Kota Tangerang terserap kerja melalui program BKK

“Banyak industri yang bekerja sama dengan FT Unpas dikarenakan alumni kami bekerja di tempat tersebut, seperti salah satunya saat ini dengan PT Mayora Indah," kata Wakil Dekan III FT Unpas Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. Bukti Tarigan M. Tambun

"Meski kami belum mengetahui tepat berapa presentasi keterserapan lulusan kami di dunia industri, namun melihat penyebaran lulusan diberbagai bidang industri bukti jika lulusan kami mudah diserap di dunia kerja,” lanjut Bukti.

Baca juga: Pemkab Tangerang fasilitasi kalangan disabilitas untuk masuk dunia kerja

Sementara pada rekrutmen industri PT Mayora Indah itu, Bukti menuturkan ada 150 orang yang mengikuti proses seleksi, diantaranya mahasiswa semester akhir dan alumni dari Unpas.

“Malah ada yang dari Lampung, Tasikmalaya, Malang bahkan Yogyakarta. Ini sebenarnya adalah rekrutmen atau seleksi karyawan langsung PT Mayora Indah,” katanya.

Ia mengatakan kerja sama tersebut sudah beberapa kali dilakukan dari tahun ke tahun.

Baca juga: Indonesia Resmi Memegang Presidensi G20 2022 Inisiatif Konkret Mendorong Kesetaraan Gender Dunia Kerja

Saat ini, PT Mayora Indah sedang membutuhkan karyawan dari jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Mekatronika, Teknik Otomasi, Teknik Industri, Teknik Kimia, MIPA, Teknik Pangan, Teknik Lingkungan dan Hukum.

Baca juga: Museum Multatuli siap jalin kerja sama agar mendunia

 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023