Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bersilaturahmi dengan tokoh agama, adat, dan masyarakat Papua Barat Daya di Sorong, Minggu.

Pada kesempatan itu Wapres menjelaskan komitmen kuat pemerintah dalam membangun Tanah Papua kepada para tokoh.

"Perlu saya jelaskan bahwa pemerintah pusat punya komitmen yang kuat untuk membangun kesejahteraan di Papua," ujar Wapres di Sorong.

Wapres menyebutkan salah satu komitmen kuat pemerintah adalah pemberian dana otonomi khusus dan membangun daerah otonomi baru (DOB) di Papua untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, pemerintah telah membentuk Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) untuk mengarahkan agar dana otsus tepat sasaran.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin ajak Sinode-PGGP rumuskan strategi pembangunan Papua

"Sekarang supaya lebih terarah, dilakukan pengawasan di lapangan untuk evaluasi, dan disiapkan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua, RIPPP," katanya.

RIPPP disusun berdasarkan usulan-usulan dari bawah dalam proses untuk menyusun program seperti apa yang dibutuhkan Papua.

Wapres sendiri dalam beberapa kali kunjungan ke Papua senantiasa menyerap usulan dari berbagai elemen di Papua untuk bisa dimasukkan dalam RIPPP.

Lebih jauh Wapres selaku Ketua BP3OKP menginginkan agar pembangunan Papua terarah dan sesuai dengan aspirasi masyarakat.

Wapres menekankan bahwa cita-cita pemerintah ingin membangun Papua yang cerdas, sehat, sejahtera, dan berintegritas.

"Selain kerja keras, harus membangun keutuhan, bekerja sama, harmoni, serta saling menopang dan menunjang seperti satu bangunan," ujarnya.

Baca juga: Negosiasi dengan Egianus Kogoya ditekankan untuk cegah korban jiwa
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres silaturahmi dengan tokoh agama dan adat Papua Barat Daya

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023