Harga daging ayam ras di Kabupaten Lebak, Banten kembali normal dengan kisaran Rp37.000 dari sebelumnya Rp40.000/ kilogram setelah dilakukan penambahan distribusi dari perusahaan peternak swasta.
 
"Sejak sepekan terakhir ini, harga daging ayam unggas ras relatif normal," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak Yani di Lebak, Kamis.
 
Pemerintah Kabupaten Lebak melakukan intervensi terhadap perusahaan ternak swasta untuk menambah kuota pendistribusian daging unggas.
 
Sebab, harga daging unggas usai Idul Adha 2023 masih di atas Rp40.000/kg, sehingga masyarakat mengeluhkan tingginya harga di pasaran itu.
 
Kebutuhan konsumsi daging unggas di Kabupaten Lebak sekitar 3.500 kilogram, sedangkan jumlah yang ada di pasaran 2.800 kilogram/hari.
 
Karena itu, pihaknya minta perusahaan ternak swasta agar menambah pendistribusian unggas ke pasaran.

Baca juga: Berdagang keliling solusi pemenuhan kebutuhan sejumlah ibu di Lebak
 
"Dengan penambahan distribusi itu maka harga daging unggas kembali normal dan kemungkinan bisa terjadi penurunan," kata Yani.
 
Surono (46) seorang pedagang di Pasar Subuh Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengaku sejak sepekan ini harga daging ayam ras kembali normal dijual Rp37 ribu/kilogram.
 
Saat ini, permintaan pasar cenderung meningkat menyusul bulan haji ini juga banyak masyarakat yang menggelar pesta pernikahan.
 
"Kami hari ini memenuhi pesanan sebanyak 100 kilogram untuk rumah makan dan pesta pernikahan," katanya.
 
Baca juga: Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Induk Rau Serang masih tinggi
 
 
 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023