Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam upaya penanganan bencana banjir lahar dingin di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur turut andil dalam perbaikan jembatan terdampak.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing diikuti di Jakarta, Senin (10/7) malam, mengatakan bantuan yang diberikan untuk sementara senilai Rp11,5 miliar.

"Disalurkan oleh BNPB dalam bentuk perbaikan jembatan dua unit, bronjong untuk membatasi atau meninggikan batas aliran lahar dingin agar tidak memasuki jalur-jalur pemukiman warga," kata Abdul.

Baca juga: Cendekiawan muslim Irak doakan bangsa Indonesia terhindar bencana

Terdapat lima jembatan hancur akibat banjir lahar dingin yang akan dilakukan perbaikan. Dalam hal ini BNPB berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Untuk saat ini, Jalur Piket Nol KM 59 yang terdampak banjir lahar dingin sudah bisa diakses. Abdul mengharapkan dalam waktu 2-4 bulan ke depan, dua jembatan besar di Lumajang bisa dioperasikan kembali.

Baca juga: Pemetakan kerusakan infrastruktur akibat lahar dingin Semeru dilakukan
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB bantu perbaikan jembatan terdampak banjir lahar dingin Lumajang

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023