Cendekiawan Islam asal Irak, Syekh Afeefuddin Al Jaelani mendoakan agar bangsa Indonesia terhindar dari bencana di tengah kondisi cuaca ekstrem dampak dari dinamika atmosfer pada skala lokal, regional hingga global.

"Insya Allah kami mendoakan keberkahan yang berlimpah bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Timur, diberi kesehatan yang sempurna, serta dikaruniai nikmat di dunia dan akhirat," kata Syekh Afeefuddin dalam keterangannya di Surabaya, Senin.

Hal itu disampaikan Syekh Afeefuddin di sela-sela silaturahimnya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya pada Minggu (9/7) malam.

Diketahui dampak dari dinamika atmosfer tersebut menghadirkan peluang hujan dengan intensitas tinggi pada awal musim kemarau pada Juli 2023 .   

Baca juga: Warga terdampak banjir lahar dingin Semeru diminta tinggal di pengungsian
Baca juga: Pemetakan kerusakan infrastruktur akibat lahar dingin Semeru dilakukan

Fenomena alam tersebut salah satunya telah menyebabkan banjir lahar dingin dan longsor dari Gunung Semeru di Lumajang yang merenggut tiga korban jiwa, serta ratusan warga terdampak yang sampai sekarang terpaksa tinggal di pengungsian.   

Selain itu, keturunan langsung ke-34 dari Nabi Muhammad SAW itu juga mendoakan agar bangsa Indonesia terhindar dari perpecahan di tahun politik Pemilihan Umum 2024.

"Semoga masyarakat Indonesia tetap bersatu dengan penuh kebahagiaan yang kekal hingga kelak di akhirat. Kabulkanlah doa kami ya Allah, dan limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad," ujarnya.

Baca juga: Kabupaten Pandeglang dan Lebak masuk kategori waspada dampak hujan
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Syekh Afeefuddin Al Jaelani doakan bangsa Indonesia terhindar bencana

Pewarta: Hanif Nashrullah/Abdul Hakim

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023