Jamaah haji kloter 5 dari Serang Banten sudah tiba di Tanah Air dengan selamat, namun dari 391 jamaah yang diberangkatkan ada satu orang yang meninggal dunia di Mekkah, Arab Saudi.

Ketua Kloter 5 Faiz Badri di Serang, Kamis (6/7), mengatakan jamaah haji yang meninggal di Mekkah adalah H. Fatoni Surahman yang berusia 77 tahun.

“Alhamdulillah jamaah kita sehat jasmani dan rohaninya setelah sampai Tanah Air. Meskipun saya mempunyai misi membawa pulang semua jamaah dengan selamat, namun ada satu orang dari rombongan kita yang meninggal dunia. Memang saat berangkat dalam kondisi yang kurang fit. Beliau meninggal pada tanggal 2 Juli 2023 di Rumah Sakit King Abdul Aziz, Mekkah,” katanya.

Almarhum H. Fatoni Surahman, lanjut dia, sudah dimakamkan di Tanah Suci, Mekkah setelah pihak Kemenag meminta konfirmasi dan persetujuan dari keluarga.   

Baca juga: 391 jamaah haji Provinsi Banten tiba di Tanah Air

Terkait dengan kepulangan Kloter 5, Faiz Badri mengaku sempat mengalami keterlambatan. Hal tersebut karena ada keterlambatan penerbangan sebelumnya. 

Jamaah haji Kloter 5, ini sesuai jadwal seharusnya tiba di Serang pukul 10.00 WIB, namun kenyataannya baru tiba di halaman Kantor Sekretaris Daerah Serang pukul 16.40 WIB.

“Kita sampai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pukul 09.22 WIB kemudian langsung menuju Asrama Haji Pondok Gede lalu setelahnya menuju Kota Serang,” kata Faiz Badri menambahkan.

Setibanya di Serang, puluhan keluarga jamaah haji sudah menunggu. Dan bahkan salah satu jamaah haji, Muslim  mengungkapkan kebahagiaannya ketika dijemput keluarganya.

“Alhamdulillah senang bahagia bisa bertemu keluarga lagi, berkumpul lagi, semoga berkah, tidak ada kekurangan,” kata pria asal Taktakan, Serang itu.

Selain keluarga para jamaah haji, Wali Kota Serang Syafrudin juga ikut menyambut. Orang nomor satu di Kota Serang itu berharap para jamaah haji secepatnya bertemu dengan keluarga.

“Pertama saya doakan yang baru pulang dari haji semoga menjadi haji yang mabrur dan selamat sampai bertemu keluarganya di rumah,” katanya.

Baca juga: Harun, haji tertua Indonesia bersyukur bisa sempurnakan Rukun Islam

Pewarta: Faradian Taufiq

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023