Wakil Bupati (Wabup) Tangerang Banten, Mad Romli mengatakan bahwa perayaan Idul Adha 1444 H merupakan momen yang tepat banyak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

"Di momen Idul Adha tahun ini kita harus mengambil hikmah dengan mengukuhkan kembali kepedulian kita terhadap sesama, dengan saling asah, saling asih dan saling asuh terhadap saudara," ucap Wabup Tangerang Masjid Al-Amjad, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis.

Dia juga mengajak masyarakat untuk menjadikan Idul Adha sebagai momentum untuk saling berbagi dan sekaligus memperkuat budaya gotong royong sebagai simbol membantu antar sesama.

Selain itu, momentum Idul Adha ini dapat mengajarkan spirit berkorban serta ikhlas memberikan hewan kurban untuk disembelih dan saling berbagi kepada yang berhak yakni masyarakat kurang mampu.

Baca juga: Atta Halilintar niatkan kurban tahun ini untuk anak dan istrinya

"Untuk itu di kesempatan ini kita jadikan tempat intropeksi diri agar bisa berkurban untuk daerah kita. Sehingga, ke depan kita bisa membawa Kabupaten Tangerang menjadi lebih baik," kata dia.

Diketahui, khusus di wilayah Kabupaten Tangerang pada Kamis ini ada beberapa titik yang menjadi lokasi pelaksanaan shalat Idul Adha. Begitu juga sebagian masyarakatnya yang masuk jamaah Muhammadiyah telah melaksanakan shalat id pada Rabu (28/06).

Kemudian, pada Idul Adha tahun ini, Pemkab Tangerang menyerahkan sebanyak 30 hewan kurban berupa sapi terhadap beberapa lembaga dan masjid setempat untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain Wabup Tangerang Banten, Mad Romli, pada shalat Idul Adha Masjid Al-Amjad, Tigaraksa, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid dan jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Selain dihadiri para pejabat utama, pelaksanaan Shalat Idul Adha juga diikuti pula ratusan jamaah dari warga sekitar kecamatan Tigaraksa yang memenuhi area Masjid Al-Amjad.

Sebelum dilaksanakan Shalat Idul Adha, ratusan jamaah mengumandangkan Tahmid, Tahlil dan Takbir dengan di pimpin H Sanwani selaku Ketua Dewan Majlis Indonesia (DMI) Kabupaten Tangerang dan selaku imam Masjid Al-Amjad. Adapun khutbah dipimpin oleh Sekretaris MUI Kabupaten Tangerang, Nur Alam.

Baca juga: Presiden Joko Widodo shalat Idul Adha di Istana Yogyakarta

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023