Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berkomitmen untuk mengawal dan mendukung kompetisi sepak bola di Indonesia berjalan dengan adil (fair).
 
"Tidak ada lagi istilah pengaturan skor atau match fixing (di dunia sepak bola)," ujar Listyo dalam konferensi pers bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Gedung Utama Mabes Polri, Jakarta, Senin.
 
Untuk itu, kata Listyo, pihaknya telah membentuk satuan tugas (Satgas) Antimafia Bola Polri pada 2018.
 
Menurut dia, satgas ini telah bekerja sejak kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 yang pada Maret lalu dicanangkan aktif kembali oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir.
 
Tidak hanya itu, Satgas Antimafia Bola Polri juga sedang membahas persiapan Liga 1 Indonesia musim 2023/2024.

Baca juga: Hari ini, Kapolri dan Ketum PSSI bahas persiapan kompetisi Liga 1
 
Listyo membeberkan bahwa pada musim lalu, Satgas Antimafia Bola Polri menemukan adanya indikasi pelanggaran atau kecurangan yang dilakukan oleh perangkat pertandingan sepak bola di Tanah Air.
 
"Saya tidak perlu sebutkan siapa perangkat pertandingan itu, siapa, tapi dalam waktu dekat, saya perintahkan kepada Satgas Antimafia Bola untuk melakukan pendalaman dan penyelidikan sesuai data yang kami temukan," jelasnya.
 
Dalam waktu dekat, Kapolri akan memerintahkan satgas ini untuk melakukan pendalaman dan penyelidikan. Penyelidikan ini didasarkan data-data yang ditemukan.
 
Hal ini sesuai dengan komitmen Polri dengan membentuk Satgas Antimafia Bola Polri untuk mengawal agar kompetisi Liga 1, 2, 3, akan menghasilkan kompetisi yang adil, berkualitas.
 
Adapun Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah menyerahkan jadwal kompetisi Liga 1 Indonesia Musim 2023/2024 kepada Kapolri untuk kepastian izin pertandingan. Sesuai dengan rencana, Liga I musim 2023/2024 bergulir 1 Juli 2023 hingga 2024.
  
Pada musim depan, rencananya akan terdapat beberapa perubahan dibanding musim sebelumnya seperti nama, format kompetisi, dan adanya penambahan kuota pemain asing, namun hingga kini belum ada kepastian dari operator ataupun federasi soal wacana ini.

Baca juga: Ferry Paulus sebut pemasukan klub Liga 1 musim ini bakal melesat
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kapolri dukung sepak bola Indonesia berjalan dengan "fair"

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023