Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin berjalan menarik, terbukti tim tuan rumah mampu tampil solid meski lawan mampu mencetak dua gol.

Gol Argentina sendiri tercipta lewat gol Leandro Paredes pada menit 38 lewat tendangan keras jarak jauh dari luar kotak penalti yang tidak bisa dihalau oleh penjaga gawang Timnas Garuda, Ernando Ari. Sedangkan gol kedua Tim Tango dicetak dan Cristian Romero pada menit 55.

Laga FIFA Match Day antara Indonesia melawan Argentina berlangsung ketat sejak babak pertama. Memang anak asuh Shin Tae-yong selalu ditekan oleh lawan. Namun kerja sama yang dibangun Marselino Ferdinan dan kawan terbilang solid dan terbukti baru kebobolan menit 38.

Lawan yang merupakan tim peringkat satu dua, bisa dikatakan harus susah payah untuk mencetak gol. Namun harus diakui meski tanpa sang superstar Lionel Messi, Timnas Argentina merupakan tim yang di semua lini memiliki kualitas yang sama.

Baca juga: Erick Thohir mengaku sedih Lionel Messi batal datang di Jakarta

Indonesia sebenarnya mempunyai peluang bagus pada menit 46 melalui Ivar Jenner. Hanya saja tendangan terarah pemain yang baru saja menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) itu cukup lemah sehingga bisa diatasi dengan mudah kiper Emiliano Martinez.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan tenaga baru. Pratama Arhan dan Dendy Sulistyawan diberi kesempatan untuk unjuk kemampuan dengan menggantikan Shayne Pattynama dan Dimas Drajad.

Masuknya Arhan mempertajam serangan Indonesia. Beberapa kali lemparan ke dalam jarak jauh Arhan, membuat kerepotan pertahanan Argentina.

Peluang terbaik Indonesia pada babak kedua didapat dari Arhan, yang lemparan ke dalamnya disambut sundulan Elkan Baggott.

Tetapi pada menit ke-56, gawang Ernando kemasukan untuk kedua kalinya. Kali ini Cristian Romero sukses menyambut umpan Giovani Lo Celso dengan sundulan untuk melesak masuk ke gawang Indonesia.

Semenit setelah kemasukan, Indonesia kembali mendapat peluang yang diawali lemparan ke dalam Arhan. Kali ini bola hasil tinjuan Emiliano Martinez jatuh ke kaki Rizky Ridho, yang melepaskan sepakan melebar.

Timnas Argentina yang merupakan juara dunia itu kemudian memasukkan Alejandro Garnacho, namun masuknya sang pemain tidak terlalu merepotkan sisi kanan pertahanan Indonesia.

Pada sisa jalannya pertandingan, Argentina bermain lebih rileks. Mereka tidak terlalu banyak menampilkan kecepatan untuk mencoba menembus pertahanan Indonesia, sedangkan Indonesia tetap lebih banyak mengandalkan serangan balik untuk berusaha mengancam Argentina.

Baca juga: 5.596 personel amankan laga Timnas Indonesia vs Argentina

Daftar susunan pemain:

Indonesia: Ernando Ari, Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Rizky Ridho, Ivar Jenner (Y. Sayuri 85'), Marc Klok, Marselino Ferdinan, Shayne Pattynama (Pratama Arhan 46'), Dimas Drajad (Dendy Sulistyawan 46'), Rafael Struick (Witan Sulaeman 65')

Argentina: Emiliano Martinez, Cristian Romero, Facundo Medina (Marcos Acuna 60'), German Pezzella, Nahuel Molina, Ezequiel Palacios (Thiago Almada 85'), Facundo Boananotte (Lucas Ocampos 74'), Giovani Lo Celso, Leandro Paredes (Guiro Rodriguez 85'), Julian Alvarez (Giovanni Simeone 85'), Nicolas Gonzalez (Alejandro Garnacho 60').

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023