Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan peluncuran Satelit Republik Indonesia-1 (SATRIA-1) masih sesuai dengan jadwal yakni di Orlando Amerika Serikat, Minggu (18/6) pukul 18.04 waktu setempat atau Senin (19/6) pukul 05.04 WIB.

"Sampai dengan saat ini dapat kami sampaikan bahwa jadwal tersebut masih on schedule atau belum ada indikasi untuk bergeser. Kita sangat berharap dalam detik demi detik semua ini, cuaca tetap kondusif untuk peluncuran dapat dilaksanakan sesuai jadwalnya," ujar Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo Arief Tri Hardiyanto di Orlando, AS, Sabtu.

Baca juga: Kominfo: Satelit Republik Indonesia perkuat ekonomi digital termasuk pembayaran

Hingga Sabtu waktu setempat, cuaca di kawasan Cape Canaveral, Florida terbilang cukup baik dan dapat mendukung peluncuran SATRIA-1.

Di pagi hari kerap ada awan tebal disertai hujan dan angin, namun pada siang hingga malam hari terbilang lebih baik dengan cuaca berawan. Untuk sore hingga malam tetap stabil seperti itu maka peluncuran SATRIA-1 tetap dapat berjalan dengan kondusif.

Arief meminta masyarakat Indonesia untuk bisa memberikan dukungan baik dengan menyaksikan hingga mendoakan agar situasi menjelang peluncuran SATRIA-1 bisa kondusif.

SATRIA-1 telah disiapkan oleh Pemerintah sejak 2019 untuk menghadirkan kesetaraan akses internet di fasilitas publik khususnya di wilayah-wilayah tertinggal, terdepan, terluar (3T).

Baca juga: Lima hal penting untuk dorong transformasi digital menurut Kemenkominfo




 

Pewarta: Livia Kristianti

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023