Jakarta (Antara News) - Universitas Budi Luhur (UBL) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan kerjasama untuk menyiapkan lulusan mahasiswa emas.

Rektor Universitas Budi Luhur, Suryo Hapsoro di Jakarta, Selasa, mengatakan kerjasama ini untuk saling memberikan nilai lebih bagi kualitas sumber daya manusia. 

UBL dan UNS sama-sama bagian dari perguruan tinggi akan menyiapkan kader-kader pemimpin bangsa dalam menghadapi tantangan di masa sekarang. 

Sumber daya manusia yang unggul akan meningkatkan daya saing Indonesia di kancah Internasional. Pemuda Indonesia sekarang yang kelak akan memegang Indonesia Emas menjadi tanggung jawab bersama, khususnya UBL dan UNS yang sama-sama bergerak di bidang pendidikan. 

"Kemitraan ini diperlukan dengan saling mendukung serta mampu menyiapkan generasi muda yang terus waspada, jeli dan responsif terhadap lingkungan disekitarnya. Kita siapkan mahasiswa lulusan emas," katanya.

Rektor UBL juga mengatakan, berbagai inovasi yang berasal dari UBL dan UNS diharapkan bisa diterapkan langsung untuk membantu masyarakat. 

Tak hanya itu saja, UBL juga mengajak UNS mengembangkan budi daya ikan sidat serta memasarkan hasil olahannya. 

"Ada beberapa poin kerjasama yang akan dilakukan seperti penelitian dan Kuliah Kerja Nyata bersama. Banyak tantangan yang bisa kita respon bersama-sama, sehingga sinergi sangat diperlukan," ujarnya.

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof Ravik menambahkan kerjasama yang akan berlaku selama lima tahun ini diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak sesuai dengan kewenangannya. 

"Kerjasama ini melingkupi penyelenggaraan kegiatan peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia, pendidikan dan pelatihan, kegiatan ilmiah, seminar, lokakarya dan pengabdian kepada masyarakat, serta penyelenggaraan pengkajian dan konsultasi," ujarnya

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016