Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten mengimbau masyarakat di daerah ini agar mewaspadai curah hujan tinggi yang berpotensi menimbulkan bencana alam.
 
"Kita hari ini dilanda hujan dengan intensitas ringan dan sedang sejak pagi sampai siang masih berlangsung," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Lebak Agust Riza Faesal di Lebak, Jumat.
 
Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG) bahwa wilayah Banten, termasuk Kabupaten Lebak dilanda hujan.

Peluang curah hujan itu terjadi pagi hingga sore hari dengan intensitas ringan dan sedang, sehingga berpotensi menimbulkan banjir dan longsor.
 
BPBD Lebak menyampaikan peringatan kewaspadaan menghadapi curah hujan tinggi guna mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menyebabkan korban jiwa maupun kerusakan lebih besar.

Baca juga: BMKG: hampir seluruh wilayah di Banten terpantau hujan
 
"Kami minta masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam itu jika curah hujan tinggi segera mengungsi ke tempat yang lebih aman," katanya menjelaskan.
 
Ia mengatakan, daerah yang masuk kategori rawan bencana banjir dan longsor di Kabupaten Lebak tersebar di Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Warunggunung, Cikulur, Cileles, Banjarsari, Gunungkencana, Wanasalam, Malingping, Cihara, Bayah, Cilograng, Cibeber dan Cigemblong.
 
Selain itu, Kecamatan Lebakgedong, Cipanas, Sajira, Curugbitung, Maja, Cimarga, Leuwidamar, Muncang, Sobang dan Cirinten.
 
"Daerah rawan bencana alam itu, karena tofograpinya alamnya terdapat perbukitan dan pegunungan serta aliran sungai," katanya.
 
Potensi bencana alam itu berdasarkan pengalaman setelah dilanda curah hujan tinggi.

"Kami menyediakan peralatan evakuasi dan ketersediaan logistik jika sewaktu -waktu terjadi bencana alam,"kata Agust.
 
Sementara itu, sejumlah warga Lebakgedong Kabupaten Lebak mengaku bahwa curah hujan di wilayahnya sejak pagi sampai siang ini masih berlangsung dengan intensitas ringan dan sedang.
 
Karena itu, mereka warga di wilayahnya meningkatkan kewaspadaan longsor, karena lokasinya berada di perbukitan dan pegunungan.
 
"Kami bersama warga tetap waspada curah hujan tinggi, meski intensitas ringan dan sedang, karena bisa berpotensi menimbulkan bencana alam,"kata Maman (45) warga Lebakgedong Kabupaten Lebak.
 
Baca juga: Hujan berpotensi guyur sejumlah kota di Indonesia, Serang cerah berawan
 
 

Pewarta: Mansyur Suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023