Pandeglang (Antara News) - Pengurus Besar Mathla'ul Anwar (PBMA), pada 2016 kembali menyelenggarakan Evalusi Belajar Tahap Akhir Mathla'ul Anwar (EBTA MA), mulai 2 April 2016.

Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan PBMA Dr H Jihaduddin, Jumat, di Menes, Pandeglang, Banten kepada pers mengemukakan, EBTA MA merupakan bagian dari proses "quality control" terhadap proses pembelajaan di lingkungan Mathla'ul Anwar.

"Tujuannya adalah agar setiap peserta didik alumnus pendidikan Mathla'ul Anwar memiliki karakter khas tersendiri sesuai dengan visi dan misi organisasi yaitu memahami Islam sebagai rahmatan lil alamin yaitu rahmat bagi seluruh alam semesta," katanya.

Mathla'ul Anwar mengajarkan kepada setiap peserta didiknya Islam yang ramah, bukan Islam yang marah, mengajak bukan mengejek serta merangkul bukan memukul, tegas Jihad.

Dengan demikian, menurut dia diharapkan alumnus Mathla'ul Anwar menjadi pribadi muslim yang sholeh sekaligus ramah dalam berdakwah, sehingga menciptakan kedamaian dan harmoni di masyarakat, kata Jihad.

Ia menambahkan, EBTA MA merupakan amanah Mathla'ul Anwar yang selalu dilaksanakan sejak organisasi ini berdiri tahun 1916. EBTA MA juga merupakan salah satu media pembinaan Pengurus Besar Mathla'ul Anwar terhadap satuan-satuan pendidikan yang yang bernaung dibawah Mathla'ul Anwar.

EBTA MA tahun ini akan digelar serentak pada Sabtu (2/4) itu bertempat di setiap satuan pendidikan Mathlaul Anwar di seluruh Indonesia. Adapun materi yang diujikan meliputi tiga bidang studi, yaitu keislaman dan kemathla'ul anwaran, bahasa Arab, dan bahasa Inggris.

Tahun ini jumlah peserta EBTA MA mencapai 6.855 peserta dari seluruh tingkatan mulai dari MI/SD, MTs/SMP, dan Aliyah/SMA/SMK. Jumlah peserta satuan pendidikan yang mengikuti EBTA MA yaitu 165 madrasah/sekolah yang sebagian besar terpusat di empat Provinsi yaitu Banten, Jawa Barat, Lampung, dan Kalimantan Barat.

"Mulai hari ini tim pengawas umum dari PBMA sudah berangkat ke wilayah masing-masing," katanya.

Sementara itu, jumlah peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan SMK Tahun Pelajaran 2015/2016 di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Banten sebanyak  113.902 siswa yang tersebar di delapan kabupaten/kota.

Ketua Pelaksana UN Banten Teddy Rukman mengatakan, secara keseluruhan peserta Ujian Nasional dari jenjang SD sampai SMA di Banten berdasarkan data yang kami miliki sebanyak 443.314 siswa dan 113.902 diantaranya SMA/SMK.

Sedangkan jumlah sekolah yang melaksanakan UN dibawah Dinas Pendidikan Banten ada 6.890 sekolah.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016