Lodwick Wicky pemilik nama dari Lodwick Vincent Palungan, pria kelahiran Wawena dikenal sebagai penyanyi yang kerap menyampaikan pesan-pesan sosial melalui musik rap.
 
Lodwick menyatakan sengaja memakai media musik rap untuk menyampaikan pesan sosial mengingat aliran musik ini sangat populer di kalangan anak-anak muda.

Melalui musiknya, Lodwick Wicky membahas isu-isu sosial seperti ketidakadilan, ketimpangan, dan perjuangan hidup.



Salah satu alasan mengapa Lodwick Wicky menjadi panutan bagi anak muda adalah karena ia mampu menghadirkan autentisitas dalam musiknya. Lirik-liriknya mencerminkan pengalaman hidupnya sendiri, termasuk tantangan dan perjuangannya. 

Hal ini membuat pendengar dapat menghubungkan diri dengan kisah hidupnya dan merasa terinspirasi untuk mengatasi rintangan dalam hidup mereka sendiri.

"Ketika kita mendengarkan musik, kita terhubung dengan emosi dan pengalaman yang sangat mendalam. Musik memiliki kemampuan yang untuk menyampaikan pesan-pesan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata biasa. Dengan terus berkarya, saya akan mengupayakan untuk membuat jembatan antara satu jiwa dengan yang lainnya melalui harmoni dan lirik," ucap Lodwick Wicky dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Tidak hanya musiknya yang mempengaruhi anak muda, tetapi juga sikap dan perilaku Lodwick Wicky sebagai seorang individu. Ia merupakan contoh yang baik dalam menjaga etika dan integritas. 

Dalam industri musik yang terkadang penuh dengan kontroversi, Lodwick Wicky berhasil menjaga citra positifnya dan memberikan inspirasi bagi para penggemarnya dengan memberikan teladan yang baik.

"Musik dapat menghadirkan kekuatan yang membakar semangat dan memberi kita keberanian untuk menghadapi tantangan hidup. Selain itu, musik juga dapat berfungsi sebagai refleksi atas kehidupan sehari-hari kita. Tidak hanya sebagai pendengar, tetapi juga sebagai pencipta musik, saya seperti menemukan wadah ekspresi diri yang kuat," katanya lagi.

Lodwick Wicky juga aktif dalam kegiatan sosial yang bertujuan untuk memberikan pengaruh positif bagi masyarakat. Beberapa kali pria lulusan Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini terlibat dalam kampanye amal seperti Papua Movement (Diversity of Papuan) Volume 9 di Yogyakarta, dengan berbagi cerita inspiratif dan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. 

Ia menggunakan pengaruhnya sebagai seorang rapper untuk membuat perubahan positif dalam masyarakat, terutama di kalangan anak muda.

Dalam bermusik, berbagai prestasi telah diraih oleh Lodwick Wicky. Seperti, membentuk komunitas Hip Hop bernama W-Town Hip hop Community, menjuarai event rap di Wamena pada tahun 2017, menjadi bintang tamu lokal pada acara Kirab Api PON XX Papua 2021, serta mengikuti ajang Hip Hop Nasional yaitu FLAVS pada tahun 2022.

Selain itu, saat ini Lodwick Wicky juga baru saja merilis lagu terbarunya yang berjudul ‘JRB’ untuk event bola basket yang diadakan di Wamena. Lagu ini akan menjadi anthem untuk setiap event basket tersebut.

"Dengan membiarkan kekuatan puitis dalam nada yang mengalir melalui diri kita, kita dapat menciptakan perubahan positif dalam hidup dan dunia di sekitar kita. Jadi, mari kita terus menjelajahi dunia musik dengan telinga dan hati yang terbuka, kemudian biarkan musik menginspirasi kita, membawa kita melampaui batasan, dan menghubungkan kita satu sama lain," tambah Lodwick Wicky.
 

Pewarta: Sambas

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023