Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni mampu memantik dan mendorong kesadaran masyarakat untuk terus bergotong royong mewujudkan harmonisasi, stabilisasi, dan persatuan.

"Kami juga akan terus berupaya menyosialisasikan masyarakat untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai dalam bentuk praktik nyata kebhinekaan, khususnya kepada generasi muda seperti melibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang memiliki latar belakang usia, budaya, keyakinan dan lainnya. Jadi, semangat membaur turut menghidupan persatuan dan kesatuan untuk Kota Tangerang,” kata Wali Kota Arief usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Ahmad Yani, Alun-alun Kota Tangerang, Banten, Kamis.

Baca juga: Wali Kota Tangerang minta DLH buat inovasi untuk atasi masalah sampah

Wali Kota menuturkan, upacara peringatah Hari Lahir Pancasila ini dihadiri oleh seluruh elemen Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kota Tangerang, seperti Kepala Dinas, Camat, Kepolisian, Kodim 0506/Tangerang, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), sampai pengajar dan perwakilan pelajar-pelajar setempat.

"Mudah-mudahan dengan peringatan ini, tidak hanya semakin menumbuhkan, namun juga membumikan nilai-nilai Pancasila yang telah terbukti mampu menjaga persatuan, kesatuan, dan kebersamaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Ia melanjutkan, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini menjadi kesempatan untuk memperkokoh spirit dan pedoman bermasyarakat.

Lanjutnya, ia juga menegaskan, memperkokoh, dan mengajak seluruh masyarakat di Kota Tangerang untuk turut bergerak aktif mengimplementasikan nilai-nilai pancasila untuk kemajuan Indonesia dalam menyongsong tahun emas, 2045 nantinya.

"Jadi, peringatan ini juga menjadi momentum kita bersama untuk terus mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023