Serang (Antara News) - Keberadaan perpustakaan di Banten harus mampu mendorong peningkatan budaya literasi yang masih minim di kalangan generasi muda di provinsi itu, kata Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Maulana Hasanuddin Banten Prof Dr Fauzul Iman.

"Budaya literasi di Banten masih minim. Padahal dari sudut historis, Banten kaya akan sejarah dan tokoh-tokoh besar penulis seperti Syekh Nawawi Al-Bantani," katanya saat menghadiri peluncuran buku "Bank Banten Dalam Pusaran Politik" di Perpustakaan Daerah Banten di Serang, Rabu.

Ia mengatakan, budaya menulis yang dilakukan oleh putra Banten seperti Khatib Mansyur dengan berbagai karya tulisnya bisa  menjadi pendorong bagi genearsi muda Banten untuk membiasakan menulis buku atau artikel.

Karya tulis tersebut bisa menambah khazanah perpustakaan dan kebudayaan karena Banten terkenal dengan para tokoh penulis besar seeprti Nawawi Al-bantani yang karyananya abadi sampai saat ini.

"Saya mengapresiasi dan bangga terhadap penulis dan mudah-mudahan karya besar ini menjadi khazanah perpustakaan dan kebudayaan Banten," kata Fauzul Iman.

Dengan banyaknya penulis, kata Fauzul Iman, nantinya literasi akan menjadi budaya dan akan terus dilanjutkan oleh generasi berikutnya. Tradisi menulis harus dibiasakan sebagai upaya kritik sosial karena perjuangan tidak mungkin berhasil tanpa dialektika.

"Jadi tidaklah kebaikan itu hanya jadi wacana, tetapi harus diaplikasikan dalam kehidupan yang riil," kata Fauzul Iman.

Kepala Bidang Pelayanan Perpusda Banten Usman Assidiq Kohar mengatakan, perpustakaan harus jadi tradisi intelektual bagi masyarakat dengan berbagai upaya dan kegiatan yang dilaksanakan di perpustakaan seperti membaca, literasi dan kegiatan ilmiah lainnya.     

Karena itu, dibutuhkan peran semua pihak untuk memasyarakatkan perpustakaan Provinsi Banten.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk meramaikan perpustakaan daerah ini dengan berbagai kegiatan. Salah satunya seperti peluncuran buku atau bedah buku.

"Kami terus berupaya melakukan pengembangan fasilitas perpusda serta kedepan kami juga ingin perpustakaan ini menjadi tempat rekreasi edukatif, dalam upaya mencerdaskan masyarakat dengan budaya menulis dan membaca," kata Usman.

Peluncuran buku "Bank Banten Dalam Pusaran Politik" di Perpustakaan Daerah Banten tersebut dihadiri sejumlah tokoh Banten dan akademisi, seperti Rektor Untirta Soleh Hidayat, Rektor IAIN Fauzul Iman, Mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman, perwakilan unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), ahli perbankan serta para mahasiswa.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016