Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan berharap kehadiran Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) wilayah Banten dapat berperan aktif mendukung pembangunan daerah, khususnya terkait pengelolaan keuangan negara.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Aset Pemkot Tangerang Selatan, Sugeng usai menghadiri pembukaan rapat kerja (raker) IAI Banten, di Tangerang, pada Sabtu (20/05).

"Besar harapan dapat memberikan kontribusi positif dalam bidang pengamanan informasi dan kebijakan strategis demi suksesnya pembangunan di Banten," tuturnya.

Ia menyampaikan, kehadiran IAI juga sangat berperan penting dalam mendukung pembangunan daerah khususnya di Provinsi Banten dan terlebih di Kota Tangerang Selatan dalam membantu pengelolaan keuangan negara bisa lebih baik.

"IAI sejak berdiri pada tanggal 23 Desember 1957, sampai dengan sekarang menjadi satu satunya profesi akuntan di Indonesia, secara keseluruhan baik yang praktik di akuntan sektor pendidik, publik, syariah, KJA, ekonomi bisnis, manajemen, perpajakan, dan pada sektor lainnya," ucapnya.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan dengan moto cerdas, moderen dan religius sekiranya tengah terus berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara untuk mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Kendati demikian, peran semua pihak, termasuk pengurus IAI wilayah Banten sangat diharapkan.

"Dan besar harapan IAI ikut memberikan kontribusi positif dalam bidang pengamanan informasi dan kebijakan strategis demi suksesnya pembangunan di Banten," katanya.

Ia mengungkapkan, kedepannya pemerintah daerah Kota Tangerang Selatan bisa berkolaborasi dengan IAI untuk mewujudkan  kemajuan pembangunan daerah dalam halnya pengelolaan keuangan negara.

"Mungkin saja dengan Pemokot Tangsel selaku pemegang kebijakan saja berkolaborasi di dalam tatakelola pemerintahan dengan prinsip kredibilitas. Artinya, teman-teman dari akuntansi Indonesia itu memiliki banyak keahlian untuk bisa memberikan pelayanan," ujarnya.

Ia juga berharap, seluruh anggota IAI Banten dapat membantu pemerintah daerah untuk memberikan bimbingan secara teknis mengenai akuntansi dan penatausahaan keuangan daerah. Karena tugas dan tanggung jawab seorang akuntan sangat penting dan strategis.

"Harapannya juga bahwa IAI dapat bersinergi  bersama pemerintahan di Banten khususnya dalam kegiatan pemerintah kota Tangsel dalam mengelola sektor keuangan sebagai mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan pemerintah daerah sesuai standar serta membantu transparansi pengelola keuangan daerah," kata dia.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023