Tangerang (Antara News) - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, tingkat kemiskinan di Kota Tangerang mengalami penurunan dari 5.56 persen menjadi 4.91 persen pada periode 2012 hingga 2014.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin di Tangerang, Jumat, mengatakan, program bedah rumah yang telah dilaksanakan diharapkan dapat terus dilanjutkan karena akan turut meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat miskin yang ada di Kota Tangerang.

Selain itu, program penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan setiap tahunnya di Kota Tangerang merupakan upaya pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan secara mandiri.           Program ini menjadi salah satu prioritas pembangunan yang harus dilakukan secara sistematis, terfokus, terencana dan terkoordinasikan dengan baik.

"Para lurah, OPD harus perbarui terus data-datanya dan rekap dengan rapi terutama terkait data masyarakat yang memang masih membutuhkan perhatian dari Pemerintah Kota Tangerang," ujarnya.

Kemudian, dirinya juga meminta sebuah profil kemiskinan Kota Tangerang yang dapat memberikan gambaran lebih rinci terkait dengan kemiskinan.

"Saya percaya dengan adanya kerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan dan pihak terkait seperti pendamping dari Program Keluarga Harapan (PKH), dapat tersusun sebuah profil kemiskinan yang dapat menggambarkan serta mendekati kondisi sebenarnya dari kemiskinan yang ada di Kota Tangerang," ujarnya.

Program penanggulangan kemiskinan merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat, daerah, dunia usaha serta masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin melalui bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, serta pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil serta program lain dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.   

"Data dan informasi harus divalidasi ulang sehingga tidak ada kesimpangsiuran dalam penyajian data seputar Kota Tangerang khususnya terkait data sosial kemasyarakatan serta data kemiskinan," paparnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016